fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Keistimewaan Pendidikan Vokasi

Keistimewaan Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi yang dikenal sebagai program pendidikan “skill based” semakin lama semakin beken. Bahkan ternyata banyak juga nih perusahaan yang condong memilih para lulusan pendidikan vokasi karena mereka telah menguasai keahlian praktikal dan dianggap siap kerja. 

Kita refresh dulu yuk kalau kalian lupa, sebenarnya pendidikan vokasi itu apa sih? Nah program ini adalah program perguruan tinggi yang fokus pada belajar keahlian praktikal dibandingkan teori, bisa dibilang perbadingannya itu 60% – 40%. Biasanya satu program membahas topik yang spesifik. Program pendidikan ini biasanya mengharuskan mahasiswa nya untuk magang atau kerja praktik sebagai syarat kelulusan, dan setelah itu mereka akan mendapatkan gelar diploma sesuai yang mereka ambil. 

Lalu apa keistimewaan program ini sampai perusahaan lebih condong memilih lulusan vokasi? Yuk cek 3 poin berikut: 

Banyak pilihan program

Pendidikan vokasi ini cocok untuk kalian yang udah yakin dengan apa yang kalian ingin kejar sebagai karir masa depan. Banyak bidang yang tersedia dalam program ini, mulai dari teknik otomotif, manajemen retail, desain computer dan akuntansi. Program ini menekankan keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk terjun langsung ke dunia kerja dengan membahas topik yang spesifik. 

Belajar lebih fokus 

Dalam program ini kalian akan lebih mempelajarai hal-hal yang spesifik. Contoh nya nih kalian suka dunia otomotif, kalian bisa masuk jurusan Teknik dan mempelajari ilmu-ilmu teknik otomotif, dsb. Kalian suka ilmu computer atau mendesain sesuatu, bisa juga masuk jurusan Desain. 

Jurusan yang spesifik ini pasti akan memberikan kalian pelajaran yang sama spesifiknya, beda kalau kalian mengikutin program sarjana, yang dimana kalian akan lebih banyak mempelajari ilmu teoritis.

Pelajaran yang berlaku dalam dunia kerja 

Karena dalam program ini lebih sering belajar praktik daripada teori, maka apa yang dipelajari lebih berlaku atau bisa diterapkan dalam dunia pekerjaan. Misal, kalian masuk jurusan tata boga, kalian gak akan selamanya belajar tentang cara memasak suatu makan dalam kelas aja nih teman-teman, tapi, kalian juga belajar di dapur dan mencoba membuat makanan itu sendiri dengan teknik yang sudah diajarkan dalam kelas praktik. 

Lebih siap ketika masuk dunia kerja

Kelebihan atau keistimewaan lainnya, ketika kalian pilih program pendidikan vokasi ini adalah kalian gak akan merasa kaget ketika terjun ke dunia kerja. Ketika kalian terjun ke dunia kerja, pekerjaan kalian gak akan jauh beda dari apa yang telah kalian pelajari selama di kampus. Ditambah lagi kalian akan wajib magang untuk syarat kelulusan nanti!

Gimana nih guys? pendidikan vokasi gak kalah keren kan daripada pendidikan sarjana? Maka dari itu untuk kalian yang ingin segera bekerja atau mempelajari hal yang bersifat praktik daripada teoritis, kalian bisa memilih pendidikan vokasi! 

Yuk, kenali masa depanmu bersama LP3I Group. klik tombol di bawah ini ya!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami