fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Tips Sederhana Agar Waktu Belajar Efektif

Waktu Belajar Efektif

Belajar merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh semua orang terutama para pelajar. Sebetulnya setiap orang dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif. Tetapi tidak semuanya dapat menguasai waktu dan cara belajar yang tepat. Padahal pengelolaan waktu belajar efektif dapat memudahkan Anda menyerap hasil belajar secara lebih baik dan berbagai tugas bisa selesai tepat waktu.

Jika selama ini Anda masih sering merasa malas untuk belajar karena kurangnya kemampuan mengatur jadwal belajar, maka Anda perlu membuat jadwal waktu belajar efektif. Melalui jadwal tersebut kegiatan belajar dapat diatur sesuai prioritas dan menghindarkan Anda dari stress. Berikut beberapa tips sederhana supaya waktu belajar Anda lebih efektif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Mengatur Waktu Belajar Efektif

Supaya Anda terbiasa disiplin saat belajar tanpa adanya rasa tertekan, sebaiknya atur waktu belajar Anda secara lebih efektif. Berikut ini beberapa tips mengatur waktu belajar efektif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membuat Jadwal Kegiatan Harian

Untuk mengatur jadwal waktu belajar efektif, bisa dilakukan dengan membuat jadwal kegiatan harian. Dimana jadwal yang disusun secara tepat dapat membuat kegiatan lebih terorganisir. Hal tersebut membuat kegiatan Anda lebih berarti dan berjalan secara lancar mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Upayakan Anda rutin dan disiplin melakukan jadwal tersebut agar menjadi sebuah kebiasaan setiap hari.

2. Mengontrol Diri

Terkadang keinginan untuk belajar akan tertunda saat Anda mulai tergoda untuk bermain game atau hal-hal lain yang menyenangkan. Sebetulnya kegiatan lain di luar aktivitas belajar tersebut dapat menghindarkan Anda dari stres, tetapi Anda harus tahu batasannya. Sebab jika dilakukan secara berlebihan dapat mengganggu jadwal belajar dan membuat Anda sulit fokus saat belajar. Terlebih kegiatan lain tersebut tidak termasuk dalam prioritas jadwal harian Anda, sehingga Anda harus mampu mengontrol diri supaya waktu Anda tidak terbuang secara percuma.

3. Menentukan Prioritas

Dalam mengatur waktu belajar efektif, Anda sebaiknya harus memiliki skala prioritas. Jadikanlah yang terpenting pada peringkat paling atas dan harus dikerjakan terlebih dahulu. Berkaitan dengan belajar maka Anda harus menempatkan belajar pada skala prioritas utama sehingga Anda bisa terbiasa mengutamakan belajar dibandingkan hal lain.

4. Hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kebiasaan menunda pekerjaan memang sering menjadi masalah bagi setiap orang. Terlebih ketika Anda mempunyai lebih banyak waktu luang. Padahal waktu luang tersebut bisa Anda gunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Kebanyakan orang yang suka menunda pekerjaan merupakan orang-orang yang kurang menyukai pekerjaannya. Sebetulnya hal tersebut dapat disiasati dengan membiasakan mencicil tugas-tugas yang harus diselesaikan. Anda harus berupaya memaksa diri Ada agar dapat melakukan pekerjaan tersebut selama 10 menit dalam setiap harinya. Pastikan semakin hari Anda menambah porsi belajar tersebut menjadi lebih banyak. Dengan demikian alam bawah sadar Anda mulai terbiasa untuk belajar serta mengerjakan tugas yang selama ini kurang disukai.

5. Disiplin dan Konsisten

Upayakan selalu disiplin serta konsisten pada aturan serta jadwal waktu belajar efektif yang sudah dibuat. Untuk memulainya memang dibutuhkan komitmen yang kuat dan pastikan Anda tidak melanggarnya walaupun hanya satu kali. Sebab sekali Anda melanggar, Anda akan menjadikan hal tersebut sebuah kewajaran dan bisa terjadi berulang. Bila perlu, buatlah sanksi atau kesepakatan bagi diri sendiri. Anda dapat menerapkan hukuman tersebut dengan mengganti waktu belajar Anda menjadi 2x lipat pada esok harinya atau bisa berupa sanksi lainnya. Agar sanksi ini bisa diaplikasikan dengan baik, Anda dapat meminta bantuan orang tua atau saudara supaya bisa berjalan sesuai harapan.

Baca juga: Tips ini untuk Belajar Menulis Esai 

Cara Belajar yang Efektif

Setelah belajar mengatur jadwal waktu belajar efektif, sebaiknya Anda juga mengetahui cara belajar yang efektif agar menciptakan kebiasaan belajar yang menyenangkan. Berikut beberapa cara belajar efektif yang perlu Anda ketahui.

1. Buat Suasana Nyaman

Menciptakan suasana belajar yang nyaman dapat membuat Anda tetap fokus saat belajar. Setiap orang memiliki kenyamanan yang berbeda saat belajar baik dengan suasana sepi atau suasana ramai. Ada juga yang suka belajar sambil mendengarkan musik sehingga semua hal yang membuat nyaman tersebut tergantung dari diri Anda.

2. Membuat Ringkasan

Buatlah ringkasan dari hasil belajar yang sudah Anda lakukan dengan menulis pokok-pokok yang penting. Ringkasan tersebut bisa berupa poin-poin agar lebih mudah dipahami. Pembuatan ringkasan hasil belajar sama dengan mengulang kembali materi yang sudah Anda pelajari. Melalui pembuatan ringkasan tersebut Anda terbantu lebih mudah mengingat berbagai materi yang sudah dipelajari saat belajar efektif.

3. Pahami dan Bukan Menghafal

Kebanyakan orang cenderung suka menghafal materi dan bukan memahaminya. Padahal kebiasaan menghafal materi pelajaran hanya efektif untuk ulangan saja atau jangka pendek. Sedangkan untuk jangka panjang sebaiknya pahami materi yang Anda pelajari dan tidak hanya sekedar menghafal saja.

Dengan mengatur waktu belajar efektif maka dapat membantu Anda memiliki kebiasaan belajar yang bagus dan lebih disiplin. Pastikan menerapkan tips-tips di atas secara konsisten supaya terus tertanam dalam diri Anda sekaligus menciptakan cara belajar yang efektif untuk sekarang dan yang akan datang.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami