fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu?

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu?

Sebagai seorang pelajar yang duduk di bangku tingkat akhir, tentu kamu harus memiliki target setelah lulus SMA. Hal ini sangat penting agar kamu bisa menentukan langkah dan arah masa depan. Tentunya, kamu harus mempertimbangkan dampak baik dan buruk atas setiap pilihan yang ada. Memang tidak mudah, tetapi kamu bisa mengambil keputusan dnegan menentukan skala prioritas, kondisi ekonomi, dan kemampuan yang dimiliki.

Apa Saja Target Setelah Lulus SMA?

Agar kamu tidak bimbang, tak ada salahnya untuk mengetahui sejumlah target setelah lulus SMA secara umum. Apa saja? Berikut uraiannya.

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu - blog 1

·        Kuliah

Hampir sebagian besar lulusan SMA memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik diploma maupun sarjana. Meskipun demikian, faktanya banyak anak SMA yang bimbang menentukan jurusan kuliah. Bahkan, tak sedikit yang hanya asal memilih.

Agar kamu tidak salah langkah, pastikan untuk memilih jurusan sesuai kemampuan, minat, dan bakat. Pastikan juga kamu aktif mencari informasi mengenai program studi yang ada di perguruan tinggi, baik insitut, universitas, akademi, politeknik, hingga sekolah tinggi.

Jika kamu masih ragu, maka kamu bisa mengikuti tes minat dan bakat yang biasa diadakan oleh sejumlah lembaga bimbingan belajar. Selain itu, persiapkan diri untuk mengikuti tes masuk, terutama bagi kamu yang ingin berkuliah di universitas negeri. Tentunya, tingkat persaingan lebih tinggi dibandingkan universitas swasta.

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu - blog 2

·        Kursus

Jika kamu tidak ingin melanjutkan kuliah, maka kursus bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik. Kursus sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan yang dapat dijadikan sebagai modal dasar untuk mendapatkan pekerjaan impian ataupun membuka usaha sendiri.

Banyak penyedia kursus yang menawarkan program singkat, mulai dari satu hingga enam bulan. Beberapa di antaranya adalah kursus tata busana, desain, salon kecantikan, modeling, menjahit, memasak, presenter, otomotif, komputer, elektronik, dan mengelas.

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu - blog 3

·        Bekerja

Target setelah lulus SMA selanjutnya adalah bekerja. Ada banyak alasan mengapa lulusan SMA memilih bekerja. Selain karena kondisi ekonomi kurang mendukung untuk kuliah ataupun mengambil kursus singkat, keinginan untuk mandiri secara finansial menjadi alasan lain yang mendasari pilihan ini.

Jika kamu ingin bekerja selepas lulus SMA, maka kamu harus mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja. Tak perlu cemas, sebab banyak pekerjaan untuk lulusan SMA yang tersedia, seperti admin, input data, costumer service, office boy, petugas kebersihan, Anak Buah Kapal (ABK), penulis, operator produksi, hingga pengajar bimbel.

Agar kamu sukses, pastikan untuk menambah wawasan tentang bidang pekerjaan impian. Kamu juga bisa meningkatkan kemampuan dasar yang bisa mendukung pekerjaan. Meskipun tampak sederhana, hal ini akan menjadi nilai lebih yang dapat meningkatkan peluang lamaran pekerjaan kamu diterima.

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu - blog 4

·        Berbisnis

Target setelah lulus SMA selanjutnya adalah berbisnis. Kamu tentu tahu bahwa banyak pebisnis sukses yang hanya mengantongi ijazah SMA bukan? Hal ini bisa kamu gunakan sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan yang sama. Memang bukan hal yang mudah, tetapi bukan hal yang mustahil untuk digapai asalkan kamu mau berusaha dan pantang menyerah.

Untuk memulai bisnis, bukan hanya modal yang dibutuhkan, melainkan juga kemampuan kamu dalam membaca peluang pasar. Banyak bidang bisnis yang bisa kamu geluti, mulai dari makanan, fesyen, alat kecantikan, obat-obatan, hingga jasa. Sebagai seorang pebisnis, kamu dituntut untuk berpikiran terbuka, kreatif, dan berani mengambil peluang.

·        Menjadi Relawan

Jika kamu termasuk orang yang menyukai tantangan dan kegiatan sosial, maka kamu bisa menjadi seorang relawan. Cukup banyak perusahaan yang menyediakan tawaran relawan secara gratis. Beberapa relawan yang paling diminati adalah relawan bencana alam dan pengajar anak terlantar.

Sebelum mendaftar, pastikan bahwa kamu telah memenuhi seluruh persyaratan yang diminta. Menjadi seorang relawan memang berat, kamu harus memiliki fisik kuat, lincah, dan berani. Namun, hal ini akan memberikan kamu pengalaman yang sangat berharga. Tidak hanya bertemu banyak orang baru, kamu juga akan tumbuh dewasa dan menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam memaknai hidup.  

·        Menikah

Selain kelima target di atas, beberapa lulusan SMA juga banyak yang memilih untuk melepas masa lajang alias menikah. Dibandingkan dengan anak laki-laki, anak perempuan lebih banyak menikah muda. Alasannya beragam. Namun, sebelum memutuskan untuk menikah, pastikan kamu memikirkan baik buruknya lebih dulu. Pasalnya, menjadi seorang istri atau suami bukanlah hal yang mudah.

Selain menyiapkan mental, menikah juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Meskipun menikah adalah sesuatu yang baik, lakukan pertimbangan secara matang. Selain itu, kamu juga harus berpikir panjang mengenai kondisi ekonomi setelah menikah dan ketika memiliki anak.

Ada baiknya kamu melakukan konseling sebelum menikah untuk meminimalisasi masalah dalam rumah tangga. Ketika ada masalah, kamu bisa menyelesaikannya dengan solusi terbaik. Dengan begitu, kamu bisa hidup bahagia dan rukun bersama keluarga kecil.

·        Menganggur

Percaya atau tidak, segelintir lulusan SMA memiliki target menganggur setelah menyelesaikan pendidikannya. Biasanya, hal ini dilakukan untuk memberikan jeda sejenak sembari menghilangkan penat, mencari pengalaman, dan mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia kerja atau ujian universitas, baik negeri maupun swasta.

Ini Daftar Target Setelah Lulus SMA, Apa Target Kamu - blog 5

Apa Target Kamu?

Dari daftar target selepas lulus SMA di atas, mana yang merupakan target kamu? Jika kuliah akan menambah ilmu dan memperluas wawasan kamu, maka kursus dapat mengembangkan kemampuan kamu menjadi seorang ahli. Sementara bekerja dapat membuat kamu menjadi lebih mandiri dari segi ekonomi.

Jika target kamu adalah berbisnis, maka kamu dapat meningkatkan kreativitas dengan mengembangkan ide untuk meraih penghasilan tanpa batas. Sementara menjadi seorang relawan dapat mengembangkan kemampuan bersosialisasi, mendapat banyak pengalaman, dan lebih menghargai kehidupan.

Target lain, yakni menikah dapat membuat kamu lebih dewasa dan bertanggung jawab, sedangkan menganggur dapat menjadi hal yang merugikan apabila kamu tidak melakukan hal bermanfaat atau berdiam diri. Namun, jika kamu mau memanfaatkan waktu dengan belajar, maka kamu bisa menjadi orang sukses di masa depan.

Ayo, Raih Masa Depan Bersama LP3I!

Apa pun target dan pilihan kamu, pastikan kamu mempertimbangkannya secara matang dan berdiskusi dengan orang tua. Jika kamu ingin kuliah sembari bekerja, maka jangan ragu untuk mendaftarkan diri di LP3I.

Di LP3I, kamu akan diajar oleh dosen berkualitas yang berpengalaman di bidang industri. Tak hanya itu saja, kamu juga berpeluang bekerja sebelum wisuda karena LP3I memiliki ribuan relasi perusahaan yang sudah bekerja sama selama puluhan tahun.Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikati kompetensi LSP-BNSP dan internasional yang akan memudahkan kamu mendapatkan pekerjaan.

Jika kamu ingin menjadi pebisnis muda, maka tak perlu khawatir karena LP3I juga memberikan pembinaan dan pelatihan untuk mengasah jiwa kewirausahaan.

Demikianlah informasi mengenai daftar target setelah lulus SMA yang dapat kamu jadikan sebagai referensi sebelum mengambil keputusan. Ayo, raih masa depan gemilang bersama LP3I!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!