fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Info Pendaftaran Kuliah 2020

Info Pendaftaran Kuliah 2020

Saat menduduki kelas akhir di sekolah, Anda mungkin bertanya-tanya ke mana harus melangkah selanjutnya. Apakah harus kuliah, kerja, atau berwirausaha? Ketika memilih meneruskan ke bangku perkuliahan, tidak semua orang memiliki kampus impian atau belum punya patokan. Masih saja ada yang bingung saat memutuskan perguruan tinggi seperti apa yang akan dituju.

Perguruan tinggi merupakan satuan pendidikan yang terdiri dari beberapa bentuk. Mulai dari universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, hingga akademi. Program pendidikan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi, antara lain, Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Spesialis. Setiap kampus punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kali ini akan dibahas informasi pendaftaran kuliah 2020. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jalur SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi dengan kriteria berdasarkan nilai rapor, nilai Ujian Nasional, dan prestasi akademis. Seleksi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di Indonesia. Bagi yang memiliki rekam jejak prestasi akademik, jalur SNMPTN bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jalur ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain, biaya pendaftaran gratis dan pilihan PTN yang sesuai dengan Program Studi. Bagi Anda yang memilih jalur SNMPTN, tidak perlu melakukan tes masuk karena seleksi didasarkan pada nilai akademik dan prestasi selama berada di SMA atau sederajat.

Nah, SNMPTN di tahun ini berbeda dengan yang kemarin, yakni pemeringkatan murid dilakukan oleh pihak sekolah. Berdasarkan akreditasi sekolah, Akreditasi A sebanyak 40%, Akreditasi B berjumlah 25%, dan Akreditasi C sebesar 5% terbaik di sekolahnya. Selain itu, Anda harus memenuhi syarat-syarat lain seperti mempunyai NISN yang terdaftar dalam PDSS, memiliki nilai rapor semester 1―5 (masa studi 3 tahun), serta semester 1―7(masa studi 7 tahun).

Berikut adalah jadwal pelaksanaan SNMPTN.

  • Pengisian dan Verifikasi PDSS: 15 Januari―10 Februari 2020 18:00 WIB
  • Pendaftaran SNMPTN: 14 Februari―27 Februari 2020
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 4 April 2020

2. Jalur SBMPTN

Berbeda dengan SNMPTN, SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) menyeleksi peserta melalui ujian tertulis. Selain itu, ada pula ujian tambahan berupa tes keterampilan khusus bagi calon mahasiswa yang memilih Program Studi Seni atau Keolahragaan. Bagi para murid yang tidak mendapatkan kesempatan untuk SNMPTN, jalur yang satu ini patut dipertimbangkan.

Pendaftaran dapat dilakukan secara daring melalui situs web resminya di www.sbmptn.ac.id. Setelah membuka situs, isilah nama lengkap dan tanggal lahir. Lalu, cetak bukti pendaftaran tahap awalnya agar bisa membayar biaya pendaftaran. Setelah itu, calon mahasiswa akan memperoleh nomor KAP dan PIN yang dipakai untuk masuk ke situs SBMPTN. Anda dapat meneruskan ke proses pendaftaran tahap berikutnya.

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk mendaftar jalur ini. Mulai dari nilai UTBK, NISN, Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah bagi lulusan 2020 dan ijazah bagi lulusan tahun 2018 atau 2019. Berikut ini ialah jadwal SBMPTN 2020.

  • Pendaftaran SBMPTN: 2 Juni―13 Juni 2020
  • Pengumuman hasil SBMPTN: 30 Juni 2020 jam 15.00 WIB
  • Pendaftaran ulang yang dilakukan masing-masing PTN

3. Jalur Mandiri

Pendaftaran kuliah berikutnya bisa dilakukan melalui Jalur Mandiri. Setelah jalur SNMPTN dan SBMPTN selesai dilaksanakan, Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kemenristekdikti akan menerima pendaftaran jalur mandiri. Sementara itu, PTN yang berada di bawah Kementerian Agama akan melangsungkan pendaftaran jalur mandiri setelah SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN selesai.

Jadi, mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman akan dilakukan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi. Anda dapat memperoleh informasi pendaftaran di situs web resmi kampus yang dituju. Tidak hanya PTN, Perguruan Tinggi Swasta juga pastinya menyediakan jalur mandiri.

Baca juga : Apa yang Menjadi Harapan Setelah Lulus SMA?

4. Jalur Beasiswa

Jalur beasiswa banyak tersedia dan diberikan oleh pemerintah, yayasan, maupun pihak swasta. Pendaftaran dapat dilakukan di situs masing-masing penyelenggara beasiswa. Pilih beasiswa sesuai keinginan, misalnya Bidikmisi, Supersemar, LPDP, Beasiswa Djarum, dan Beasiswa Dikti.

5. Jalur PTKIN

Jalur berikutnya adalah PTKIN atau Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri. Contohnya, IAIN, STAIN, dan UIN yang berlokasi di seluruh Indonesia. Sama halnya dengan SNMPTN dan SBMPTN, PTKIN punya jalur undangan dan jalur tes tertulis. Calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan seperti NISN, rekomendasi dari kepala sekolah atau madrasah, kelas terakhir di tahun 2020, dan kesehatan memadai.

Cara pendaftarannya cukup mudah dan dilakukan oleh sekolah. Pertama, jika sudah memiliki NPSN, daftarkan sekolah ke situs PDSS SPAN-PTKIN. Kemudian, masuk dan daftarkan data siswa. Kirim Surat Permohonan dan Surat Keterangan Kepala Sekolah ke info@span.ptkin.ac.id. Setelah itu, masukkan data sekolah dan dapatkan validasi pendaftaran via email. Barulah siswa dapat login sendiri ke situs SPAN-PTKIN.

6. Jalur Politeknik

Jalur SNMPN atau Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri merupakan jalur undangan bagi yang ingin masuk PTN bidang vokasi atau Politani dan Politeknik. Sebanyak 42 politeknik negeri bisa Anda pilih, mulai dari Aceh sampai Fakfak. Seleksi ini tidak dikenakan biaya dan ditanggung anggaran pemerintah.

Tidak hanya prestasi akademik, prestasi nonakademik juga menjadi patokan seseorang untuk lolos seleksi. Info lengkap seputar tata cara pendaftaran dapat diakses pihak sekolah di www.snmpn.politeknik.or.id. Masuk dengan nama pengguna dan kata sandi yang diberikan oleh panitia dan sekolah dapat mendaftarkan siswa-siswi terbaiknya.

7. Jalur Kedinasan

Sekolah Tinggi Ikatan Dinas merupakan sekolah tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian ataupun Lembaga Pemerintah Nonkementerian. Bagi Anda yang berniat masuk ke Sekolah Tinggi Ikatan Dinas, biaya kuliah akan ditanggung pemerintah dan lulusan langsung diangkat menjadi PNS. Ada delapan Sekolah Ikatan Dinas yang pendaftarannya dibuka secara bersamaan. Pendaftaran daring dibuka pada tanggal 9―30 April 2019 portal SSCN BKN maupun situs STSN.

8. Jalur SPMB

Jalur terakhir adalah SPMB atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru. Seleksi ini hanya dilaksanakan oleh perguruan tinggi tertentu yang tergabung dalam SPMB. Untuk informasi lebih lanjut, silakan buka situs www.smpb.or.id.

Pendaftaran SPMB terbagi dalam 3 kelompok. Pertama, ada UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi yang dilakukan dengan ujian tertulis dari PTN. Kedua, UMB-PTS yang dilaksanakan oleh PTS atau Perguruan Tinggi Swasta. Ketiga, TPBI yang merupakan ujian tertulis untuk mengetahui bakat, kemampuan, dan minat dari siswa kelas XII Semester 1.

Sekian pembahasan seputar pendaftaran kuliah 2020 yang patut Anda ketahui dan dapat dijadikan sebagai referensi. Jika ingin mengetahui informasi selengkapnya, dapat menghubungi langsung ke masing-masing jalur yang dipilih. Tentukan secara cermat dan sesuaikan dengan tujuan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Nah, jika ingin memilih kampus terbaik, LP3I jawabannya. Segera daftarkan diri Anda ke LP3I dan dapatkan pengalaman kuliah yang mengesankan. Bergabunglah bersama puluhan ribu lulusan LP3I yang telah melanjutkan ke jenjang karier. Cari peluang kerja yang paling sesuai dengan Anda dan dapatkan lisensi keahlian tepercaya. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini, ya!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung