fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Memahami Tujuan Kuliah dan Manfaatnya

Memahami Tujuan Kuliah dan Manfaatnya

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata “kuliah”? Sebagian orang memilih melanjutkan ke jenjang perkuliahan terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia kerja. Patut disyukuri jika Anda didukung oleh keluarga untuk masuk ke perguruan tinggi sesuai bakat dan minat. Lalu, bagaimana dengan yang belum memiliki tujuan?

Meskipun sudah ada banyak beasiswa dan kampus yang disediakan oleh pemerintah maupun pihak swasta, sebagian orang masih enggan untuk mengejar pendidikan tinggi. Jangan sampai Anda berakhir terombang-ambing karena belum memiliki tujuan. Kuliah bisa menjadi salah satu jalan untuk meraih kesuksesan. Lulusan perguruan tinggi pun akan dihadapkan dengan ketatnya persaingan dunia kerja.

Ingin memahami lebih lanjut tentang tujuan kuliahdan manfaatnya bagi diri Anda? Cari tahu jawabannya dari pembahasan berikut ini.

Baca juga : Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Masa Depan
Memahami Tujuan Kuliah dan Manfaatnya - blog 1

1. Membentuk karakter dan mengembangkan diri

Salah satu karakter yang terbentuk selama menjalani kuliah adalah kemandirian. Seseorang yang sedang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sudah harus melatih kepribadian menjadi mandiri dan dewasa. Tidak seperti murid sekolah yang diajarkan oleh guru secara mendetail, mahasiswa biasanya harus mendalami materi kuliah sendiri.

Selain itu, sebagian mahasiswa harus tinggal jauh dari rumah karena lokasi kampus yang berada di luar daerah. Tentunya ini akan membuat Anda merasa rindu dengan keluarga. Namun, tinggal jauh dari orang tua bukanlah hal yang buruk untuk dilakukan. Anda bisa lebih mandiri dengan tinggal sendiri, mengatur keuangan secara cermat, dan membeli kebutuhan pokok tanpa bantuan orang lain. Bagi yang tidak ingin membebani orang tua pun harus mencari penghasilan selama kuliah.

Berikutnya, kuliah menjadikan mahasiswa berpikir jauh lebih kritis dan teliti dibandingkan sebelumnya. Pada masa SMS, murid akan cenderung bergantung pada guru yang mengajar di kelas. Sementara kuliah mendorong Anda untuk belajar dengan metode andragogi atau cara belajar orang dewasa. Mahasiswa juga dituntut aktif dalam mengembangkan ilmu serta berpikir logis.

Kemudian, kuliah bertujuan agar Anda dapat melakukan manajemen waktu dengan baik. Harus tahu kapan waktunya untuk belajar, kuliah, menyelesaikan tugas, dan beristirahat. Selain itu, bersosialisasi dan berdiskusi pun juga ada waktunya. Jika sudah terbiasa mengatur waktu, kehidupan akan menjadi lebih terarah.

2. Membuka wawasan dan memperluas pengetahuan

Manfaat dan tujuan kuliahselanjutnya adalah memperluas pengetahuan dan membuka wawasan. Kemampuan intelektual akan diasah selama mahasiswa menjalani masa perkuliahan. Ada bermacam-macam materi kuliah yang dapat menambah ilmu Anda. Terlebih, semua itu tidak diperoleh hanya di dalam kelas, tetapi juga kegiatan di luar jam kuliah.

Jika Anda berkuliah di kota-kota besar yang memiliki kampus-kampus unggulan, kesempatan melebarkan wawasan akan semakin meningkat. Hal ini karena perguruan tinggi favorit sering kali memiliki mahasiswa asing atau luar daerah. Semakin banyak berinteraksi dengan orang-orang berbeda maka pengetahuan akan berkembang. Anda akan menyadari bahwa dunia ini sangatlah luas dan masih banyak yang belum diketahui.

Memahami Tujuan Kuliah dan Manfaatnya - blog 2

3. Mendapatkan peluang kerja yang lebih tinggi

Zaman dahulu sudah berubah dan sangat berbeda dengan zaman sekarang. Gelar sarjana awalnya sangat mewah dalam pandangan masyarakat. Jumlah lulusan bergelar sarjana saat ini sudah meningkat pesat. Hal ini membuat banyak perusahaan yang mensyaratkan ijazah pendidikan perguruan tinggi kepada pelamar kerja.

Bagi yang ingin meneruskan karier di bidang akademis, kuliah setinggi-tingginya juga memberikan peluang masa depan yang cerah. Tak hanya itu, profesi-profesi keren sudah siap menanti Anda. Mulai dari dosen, insinyur, dokter, ahli hukum, konsultan, hingga arsitek. Berbeda dengan lulusan SMA dan sederajat yang memiliki peluang kerja terbatas.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua lulusan perguruan tinggi mudah mendapatkan pekerjaan. Banyak faktor yang bisa membuat seseorang ditolak perusahaan, misalnya kurangnya pengalaman magang atau perilaku yang negatif. Maka dari itu, membangun pribadi menjadi lebih positif seperti yang dijelaskan pada poin pertama adalah tujuan yang perlu dicapai.

4. Memperoleh kesempatan untuk menghasilkan pendapatan lebih besar

Sesuai dengan poin ketiga, prospek karier bagi lulusan perguruan tinggi memang sangat luas. Hal ini memengaruhi penghasilan yang akan didapatkan. Ilmu akademik maupun keahlian merupakan sesuatu yang tidak mudah diperoleh begitu saja. Pendidikan bertahun-tahun di perguruan tinggi mengasah kemampuan Anda dalam menjalani pekerjaan.

Profesi bergengsi biasanya memberikan pendapatan yang sangat besar. Anda dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan hidup atau menabung untuk memperoleh barang-barang berharga tertentu. Selain itu, penghasilan pun bisa dipakai sebagai modal untuk memulai bisnis sendiri.

Memahami Tujuan Kuliah dan Manfaatnya - blog 3

5. Meningkatkan keterampilan yang bermanfaat

Tidak hanya bertujuan untuk memperluas ilmu pengetahuan, kuliah juga bisa meningkatkan keterampilan. Misalnya, kemampuan berbicara di depan publik, bernegosiasi, berdebat sehat, manajemen, menyelesaikan masalah, dan interpersonal. Keterampilan yang diasah bermanfaat untuk meningkatkan daya saing, memperluas kesempatan kerja, dan membuat Anda lebih percaya diri.

Memahami Tujuan Kuliah dan Manfaatnya - blog 4

6. Memperoleh relasi sebanyak-banyaknya

Kuliah di mana pun akan membuat Anda menjalin hubungan dengan lebih banyak orang. Mahasiswa juga akan dipertemukan dengan teman-teman yang berasal dari beragam ras, suku, budaya, bahasa, dan agama. Kampus menjadi tempat yang sangat strategis untuk mengenal satu sama lain dan membangun relasi. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan ini. Misalnya, mengikuti kegiatan atau organisasi kampus, menjaga etika, serta bersikap ramah.

7. Memberikan manfaat pada anak-anak maupun keluarga

Tujuan kuliah tentu saja bukan berfokus kepada diri sendiri saja, tetapi juga kepada orang lain. Belum lagi, berbagi ilmu yang positif sangatlah bermanfaat dan membuat kehidupan jadi lebih baik. Ini berlaku juga bagi Anda yang membangun rumah tangga dan memiliki anak.

Anak-anak harus sudah dididik dan dibimbing sejak kecil agar menjadi sumber daya manusia yang unggul. Jika tidak memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, pastinya akan sulit membina anak-anak. Sebaliknya, ilmu dari pendidikan kuliah yang telah dijalani akan memberikan inspirasi bagi keluarga Anda.

8. Meningkatkan status sosial

Tujuan yang terakhir tak boleh sampai ketinggalan. Status sosial seseorang akan naik secara otomatis hanya dengan menyebutkan gelar pendidikan. Bagi kebanyakan orang, gelar sarjana, magister, ataupun doktor adalah sebuah kebanggan tersendiri. Walaupun demikian, tetaplah bersikap rendah hati.

Sudah paham bagaimana tujuan kuliah dan apa manfaatnya? Kuliah memang bukan penentu kesuksesan satu-satunya, tetapi menjadi salah satu faktor penting. Setiap orang punya jalannya masing-masing untuk mencapai kesuksesan. Baik yang kuliah dahulu sebelum bekerja atau langsung bekerja dan berwirausaha setelah lulus sekolah.

Bagi Anda yang siap bekerja setelah kuliah, pilih LP3I yang menyediakan jaminan karier bergaransi. Kampus LP3I telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 1.000 perusahaan sehingga lulusan dapat meraih peluang yang besar. Tak hanya itu, LP3I juga telah menerima sertifikasi internasional, yakni Melbourne Polythechnique untuk International Accounting Certificate dan International TOEIC Center di bidang Bahasa Inggris. Yuk, cek info lebih lanjut di situsnya!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung