fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Biaya Kuliah? Jangan Galau, Ikuti 5 Tips ini

Biaya Kuliah? Jangan Galau, Ikuti 5 Tips ini

Biaya kuliah sering menjadi kendala ketika akan melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Pembayaran untuk uang kuliah akan semakin besar ketika jurusan dan perguruan tinggi yang dipilih diminati banyak orang.

Menyiapkan biaya pendidikan perlu dilakukan sejak awal. Jumlah yang tidak sedikit menjadi tantangan para orang tua dan mahasiswa untuk menyiapkannya. Dana ini juga harus dibayarkan setiap semester. Tak sedikit mahasiswa berhenti kuliah karena tidak memiliki uang untuk membayar  secara kontinyu.

Apakah Anda juga terkendala dengan biaya kuliah? Percayalah pasti ada jalan untuk mengatasinya. Tidak perlu galau. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Bagaimana caranya? Coba ikuti lima tips di bawah ini.

1. Ikuti dan Lulus di Perguruan Tinggi Kedinasan

Tips pertama yang bisa Anda coba adalah mengikuti tes perguruan tinggi kedinasan. Seperti yang diketahui, sekolah ikatan dinas menjadi pilihan utama bagi siapa saja yang ingin melanjutkan kuliah dengan biaya yang minim bahkan gratis. Bahkan mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi tersebut langsung mendapatkan pekerjaan dan terikat di institusi tertentu.

Jika ingin kuliah gratis, pastikan Anda lulus di perguruan tinggi kedinasan ini. Keuntungan lainnya adalah tidak perlu mencari kerja. Karena setelah lulus, Anda langsung diangkat sebagai aparatur sipil negara (ASN) di bawah lembaga yang menaungi kampus tersebut.

2. Lulus Perguruan Tinggi Negeri melalui SNMPTN atau SBMPTN

Cara kedua mendapatkan biaya kuliah murah adalah lulus perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN atau SBMPTN. Pada umumnya biaya uang muka dan biaya semester di PTN lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan adanya subsidi. Bahkan beberapa jurusan memiliki uang kuliah lebih murah.

Jika Anda termasuk siswa berprestasi, pilih jalur SNMPTN. Jalur ini biasanya didasarkan pada nilai serta rekomendasi dari sekolah. Sedangkan jalur SBMPTN bisa diikuti lewat ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Baca juga: Biar gak Bingung, Simak dulu Panduan Pendaftaran di LP3I 

3. Ajukan Beasiswa

Tips lainnya yang dapat diterapkan adalah melakukan pengajuan beasiswa. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi dapat menyelamatkan Anda dalam kesulitan membayar biaya kuliah.

Biasanya, perguruan tinggi memiliki berbagai macam beasiswa, seperti beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu dan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Cari informasi sedetail-detailnya tentang beasiswa di kampus atau di jurusan yang dituju.

Untuk mendapatkan beasiswa, Anda harus memiliki prestasi yang bagus selama sekolah dan ujian di kampus. Siapkan diri dengan belajar dan pertahankan prestasi. Baca blog teman-teman yang berhasil mendapatkan beasiswa. Siapa tahu informasi dan tips dari mereka dapat membantu Anda mendapatkan beasiswa.

4. Pilihan Kampus dan Jurusan yang Terjangkau

Jika jurusan yang dipilih banyak peminat dan membutuhkan biaya yang besar, maka pilih jurusan yang sama di perguruan tinggi negeri lain yang lebih terjangkau pembayarannya. Jika hal ini dirasakan sulit, cari kampus yang menawarkan pembayaran cicilan terhadap biaya masuk dan uang semester.

Agar lebih hemat, pilih jurusan yang peminatnya lebih sedikit. Tetapi, usahakan jurusan tersebut memiliki prospek masa depan yang cerah. Jurusan tersebut juga harus diminati sehingga Anda akan merasa nyaman belajar.

5. Ajukan Pinjaman untuk Dana Pendidikan

Tips terakhir yang bisa diterapkan adalah mengajukan pinjaman untuk dana pendidikan atau kredit biaya pendidikan. Sekarang di Indonesia banyak bank, lembaga swasta, maupun perbankan menawarkan pinjaman untuk dana pendidikan.

Proses peminjaman pun mudah. Anda tidak perlu menjaminkan aset atau barang berharga lainnya. Selain itu, suku bunga yang ditawarkan juga cukup rendah dan mempunyai jangka waktu pembayaran yang panjang.

Demikianlah lima tips mendapatkan biaya kuliahyang bisa Anda coba. Akan lebih menguntungkan jika Anda bisa kuliah di perguruan tinggi kedinasan. Selain biayanya gratis, Anda bisa langsung menjadi ASN setelah tamat nanti.

Tempat kuliah lain yang menawarkan biaya perkuliahan yang cukup terjangkau adalah LP3I. LP3I merupakan salah satu kampus yang baik untuk dipertimbangkan. Tempat kuliah ini memberikan jaminan mendapatkan pekerjaan kepada mahasiswa setelah tamat kuliah.

Saat berkuliah pun, mahasiswa akan mendapatkan transfer ilmu serta kesempatan untuk mengembangkan keahlian kerja sesuai dengan jurusan. Ilmu dan keahlian kerja inilah yang akan berguna saat terjun ke dunia kerja nanti. Tunggu apalagi. Cari tahu informasi tentang LP3I dengan berkunjung langsung ke situs web resminya.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung