fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar?

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar?

Setiap orang memiliki kemampuan akademis yang berbeda-beda. Ada yang sekali dua kali belajar menguasai materi sudah paham. Selanjutnya ada juga yang butuh belajar berkali-kali agar lebih menguasai dengan sempurna.

Apa pun kemampuan akademis yang kamu miliki saat ini, pertahankan minat untuk mau belajar. Kalau kamu tidak memiliki minat belajar dengan baik serta hasratnya hilang, materi apa pun yang diajarkan akan sulit dimengerti. Bahkan, kamu jadi tidak acuh saat diajari.

Kalau seseorang sudah mulai malas dan tidak peduli dengan mata pelajaran atau materi yang akan dipelajari, hasrat untuk mulai membaca akan rendah. Dampaknya, semudah apa pun materi yang kamu pelajari, hasilnya tidak akan maksimal.

Nah, agar hasrat belajar kamu tetap tinggi, simak cara meningkatkan minat di bawah ini dengan saksama. Setelah itu praktikkan.

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar-blog-1

1. Berusaha Membuka Diri

Salah satu alasan mengapa seseorang tidak memiliki hasrat sama sekali pada materi atau pelajaran tertentu adalah tidak mau membuka diri. Meski belum pernah mempelajarinya, mereka sudah menganggap materi itu sulit. Akhirnya alih-alih mulai belajar, mereka lebih memilih untuk menutup diri.

Kalau kamu ingin meningkatkan minat belajar terkait apa pun, hal pertama yang harus dilakukan adalah berusaha membuka diri. Kalau kamu tidak bisa membuka diri, semudah apa pun materinya tidak akan mau belajar. Bahkan, mendengar namanya saja seperti sangat menyeramkan.

Kita ambil contoh sederhana saja, yaitu pelajaran matematika. Kalau seseorang sudah tidak mau membuka diri, pelajaran ini akan terasa sangat mengerikan dan sulit dipelajari. Padahal kalau mau membuka diri, masih ada cara untuk menguasainya dengan sempurna.

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar-blog-2

2. Mengaplikasikannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Kesalahan terbesar yang sering kamu lakukan saat belajar adalah menganggap apa saja yang dipelajari hanya berguna saat ujian. Kalau semua sudah selesai, materi akan dilupakan begitu saja. Itulah kenapa banyak orang lebih memilih untuk belajar sekejap saja meski tidak minat.

Kalau kamu merasa sama seperti itu juga, coba tingkatkan hasrat belajar dengan cara mengaplikasikan apa yang dipelajari di kehidupan sehari-hari. Kalau kamu bisa melakukan itu, materi yang terlihat sulit sekali pun tidak akan terasa membebani.

Misal kamu sedang mempelajari tentang pemasaran. Coba praktikan hal itu ke kehidupan sehari-hari saat berjualan barang atau melakukan promosi. Kalau materi ini hanya dipelajari secara text book tentu terasa membosankan dan bertele-tele.

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar-blog-3

3. Mencari Teman untuk Belajar

Belajar sendirian saja dan materinya cukup sulit akan membuat seseorang akhirnya mengalami kebosanan. Kalau seseorang mengalami kebosanan, materi apa pun yang akan dipelajari tidak akan masuk ke pikiran. Kalaupun bisa masuk, tidak akan maksimal kalau kamu mempelajari materi menarik.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan mencari teman untuk mempelajari materi secara bersama-sama. Misal saat ini kamu sedang ada keinginan belajar bahasa asing. Carilah teman yang ingin mempelajari hal serupa agar bisa menjadi partner.

Memiliki teman saat belajar juga akan memudahkan kamu dalam mengatasi masalah dan berbagi metode belajar yang efektif. Hal seperti ini akan memudahkan kamu dalam menguasai suatu materi dari awal sampai akhir dengan sempurna.

Konsep belajar bersama juga diaplikasikan di sekolah. Berbagai metode belajar berkelompok dilakukan agar materi bisa dipelajari dengan baik dan ada kolaborasi antar siswa. Selain itu belajar berkelompok bisa mengatasi bosan, apalagi ada permainan yang berhubungan dengan materi.

4. Menyesuaikan dengan Kemampuan

Sesuaikan kemampuan kamu untuk meningkatkan minat dalam belajar. Kalau kamu memiliki kemampuan dalam mempelajari biologi, minat pada bidang itu akan meningkat dengan sendirinya. Apalagi kalau materi yang diberikan cukup menarik dan juga menantang.

Kalau kamu mempelajari hal baru dan tidak ada hubungannya dengan pendidikan resmi, coba cari yang sekiranya mampu dilakukan. Misal kamu ada kemampuan dalam bidang public speaking. Pelajari materi MC, ceramah, atau presentasi agar lebih sempurna.

Sebaliknya kalau kamu tidak ada kemampuan dalam bidang tertentu dan terpaksa mempelajarinya, kemampuan untuk menguasai akan rendah. Selain itu minat untuk mempelajarinya juga semakin rendah. Kamu mungkin bisa mempelajarinya, tapi penguasaannya bisa saja lama dan tidak sempurna.

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar-blog-4

5. Menggunakan Media Pembelajaran

Kalau ingin meningkatkan minat dan hasrat belajar, gunakan media pembelajaran yang sesuai. Selama ini kita belajar berbagai hal hanya dilakukan melalui buku saja. Selanjutnya guru menjelaskan agar semua orang paham. Cara ini tentu membosankan kalau dilakukan berulang-ulang setiap harinya.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan ada banyak mulai dari manipulatif sampai menggunakan media komputer yang modern.

Gunakan media pembelajaran seperti video, aplikasi, atau sejenisnya agar minat belajar bisa meningkat. Kalau kamu merasa senang saat belajar, berbagai jenis materi yang disajikan bisa dikuasai dengan lebih mudah.

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar-blog-5

6. Mengetahui Masalah yang Dialami

Minat dan hasrat belajar seseorang bisa mengalami penurunan kalau mereka mengalami masalah. Kondisi ini akan terus berlanjut kalau masalah tidak segera diatasi dengan baik. Kalau berlarut-larut, kamu juga bisa semakin malas dan akhirnya susah mempelajarinya.

Bila ada penurunan minat pada materi tertentu, coba ketahui apa saja penyebabnya. Apa karena materinya terlalu sulit, tidak ada media, bosan, atau masalah lainnya. Selanjutnya kamu juga bisa mengatasi satu per satu masalah yang terjadi agar proses belajar kembali menyenangkan.

Kalau kamu merasa tidak mampu menyelesaikan masalah sendirian saja, coba meminta bantuan seseorang yang lebih ahli. Dengan begitu proses belajar bisa kembali terjadi dan kamu semangat untuk melakukannya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar-blog-6

7. Belajar yang Bisa untuk Karier di Masa Depan

Belajar untuk meningkatkan karier kamu di masa depan. Kalau kamu merasa materi itu sangat penting, kemungkinan untuk semangat mempelajarinya bisa besar. Apalagi kalau materi yang dipelajari bisa meningkatkan skill atau kemampuan yang disyaratkan oleh banyak perusahaan.

Pilih materi yang sekiranya cocok untuk menunjang karier seperti coding, copywriting, public speaking, sampai materi tentang self help. Pilih yang sekiranya bisa segera dipraktikkan ke dunia nyata dan bermanfaat.

Kamu juga bisa kuliah di kampus yang memberikan kemampuan praktik atau terapan secara langsung seperti LP3I. Belajar di sana akan memberikan kamu semangat, apalagi peluang mendapatkan pekerjaan lebih besar.

Demikian ulasan tentang cara meningkatkan minat belajar dan hasrat yang sering sekali mengalami kemunduran. Hal ini sebenarnya wajar dan bisa terjadi pada siapa saja yang mengalami kebosanan. Namun, bukan berarti harus pasrah dengan rasa bosan itu bukan?

Cara meningkatkan minat belajar di atas tidak hanya berlaku pada siswa yang belajar buku teks saja. Siapa pun yang ingin mempelajari hal baru harus melakukannya agar apa yang diinginkan bisa segera tercapai.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!