fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah

5 Cara Meningkatkan Prestasi di Sekolah

Peningkatan prestasi dapat memengaruhi harga diri, menunjukkan kecerdasan, dan meningkatkan locus of control. Sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan meningkatkan prestasi pada masa-masa keemasan ini. Prestasi bisa menjadi salah satu faktor diterimanya seseorang dalam berbagai golongan masyarakat.

Selain itu, prestasi tidak hanya terbatas di satu bidang saja. Anda dapat meningkatkan prestasi, baik di bidang internal maupun ekstrakurikuler. Terlebih, prestasi yang cemerlang akan membawa Anda pada kesuksesan di masa depan. Sebaliknya, jika prestasi menurun, peluang seseorang ke berbagai tujuan akan semakin sempit.

Nah, ingin tahu tentang bagaimana cara meningkatkan prestasi di sekolah? Jangan lewatkan penjelasannya di bawah ini.

1.Niat dan tekad

Kalimat “segala sesuatu diawali dengan niat” memang benar adanya. Tanpa niat untuk meningkatkan prestasi, seseorang tidak bisa langsung sukses begitu saja. Namun, tanpa adanya tekad yang kuat, seseorang bisa saja berhenti di tengah jalan ketika menghadapi rintangan yang berat. Tekad merupakan suatu hal yang membuat Anda berada dalam ritme yang sama secara terus-menerus.

Sebagian besar orang akan penuh dengan semangat saat pertama kali melakukan usaha yang telah diniatkan. Namun, seiring berjalannya waktu, semangat pastinya akan mengalami pasang dan surut ketika dihadapkan dengan hambatan. Tekad yang bulat bisa menjadi perisai bagi Anda agar tetap berusaha meskipun semangat telah pudar. Yuk, tetapkan niat dan tekad yang kuat untuk meningkatkan prestasi!

2. Evaluasi

Evaluasi bisa dilakukan dengan mengulangi pelajaran yang telah disimak sebelumnya. Lakukan evaluasi saat Anda pulang sekolah atau istirahat. Cari lokasi yang tepat untuk belajar agar kegiatan tidak terganggu, misalnya di perpustakaan atau di kamar tidur pribadi. Matikan jaringan internet atau ponsel agar lebih dapat berkonsentrasi dengan bacaan di hadapan Anda.

Berikutnya, buatlah jadwal dan ciptakan kesan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. Tuliskan daftar centang terkait seluruh materi yang akan dievaluasi. Selain itu, gunakan warna-warna menarik atau halaman yang berbeda untuk setiap subjek. Pakai stabilo, spidol, atau sticky notes aneka warna untuk memperjelas pembahasan tertentu.

Selain mengulangi pelajaran dengan cara membaca, Anda dapat meringkas apa yang telah dipelajari. Ilmu yang didapat dari kegiatan membaca dan menulis jauh lebih efektif untuk masuk ke otak ketika hanya membaca saja. Bisa juga membuat kartu-kartu pengingat berisi pertanyaan seputar materi yang telah dipelajari. Jika tidak dapat menjawabnya dengan mudah dan sederhana, itu artinya Anda belum menguasai pelajaran dengan baik.

Cara evaluasi selanjutnya bisa dilakukan dengan cara berpura-pura menjelaskan materi kepada orang lain. Hal ini bisa dilakukan dengan berbicara kepada orang terdekat yang menguasai materi atau bahkan sekadar bicara sendiri di hadapan cermin. Bersikaplah seolah-olah Anda adalah guru yang ditanyai oleh murid atau narasumber yang sedang diwawancarai.

3.Terapkan pola hidup sehat

Cara meningkatkan prestasi yang ketiga adalah menerapkan pola hidup sehat. Apa hubungannya poin ini dengan peningkatan prestasi? Seluruh organ dalam tubuh manusia perlu diperlakukan dengan baik dan diberi asupan yang bergizi agar tetap dalam kondisi prima. Jika Anda hobi makan sembarangan, malas berolahraga, atau sering begadang, itu akan membahayakan kesehatan dan menurunkan prestasi.

Pertama-tama, Anda dapat menjaga pola makan dengan mengonsumsi sumber pangan bernutrisi atau melakukan diet gizi seimbang. Diet gizi seimbang bukanlah diet ekstrem yang berpotensi menimbulkan efek samping negatif pada tubuh. Apabila menerapkan diet gizi seimbang, berat badan ideal akan terjaga dan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Tubuh menjadi lebih segar dan bugar sehingga Anda dapat belajar dan meningkatkan prestasi dengan semangat.

Perbanyak sayur dan buah setiap hari dan konsumsi karbohidrat atau protein secukupnya. Gunakan metode pembagian 1/4 piring sumber karbohidrat, 1/4 protein sumber protein hewani atau nabati, dan 1/2 piring sayuran. Jika ingin camilan, sebaiknya pilih buah-buahan segar yang dikonsumsi beberapa jam sebelum atau sesudah makan siang. Pilih bahan-bahan yang segar serta masak dengan cara ditumis atau dikukus.

Selanjutnya, lengkapi hari-hari Anda dengan olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan secara rutin lebih banyak memberikan manfaat daripada olahraga berat yang dilakukan jarang-jarang. Lakukan olahraga simpel seperti joging, bersepeda, lari, lompat tali, atau bermain bulu tangkis. Ajak teman terdekat atau keluarga agar aktivitas olahraga jadi lebih menyenangkan.

Cukupi pula kebutuhan istirahat sehari-hari. Kinerja manusia tidak dapat optimal apabila dipaksa bekerja tanpa beristirahat sejenak. Anda dapat bermain gim simpel, mendengarkan musik favorit, atau tidur siang. Selain itu, jangan paksa diri untuk begadang karena akan merusak organ tubuh. Sebisa mungkin kurangi aktivitas di malam hari agar Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Baca Juga : Bagaimana Cara Meningkatkan Minat dan Hasrat Belajar?

4. Kembangkan kemampuan dan bakat

Gali potensi diri Anda dengan mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Percuma saja memiliki bakat, tetapi tidak pernah dilatih. Seseorang yang bekerja keras tentunya memiliki peluang kesuksesan yang lebih besar ketimbang seseorang yang punya bakat, tetapi malah bermalas-malasan.

Kemampuan dan bakat tidak hanya berkutat dalam akademik, tetapi juga di bidang nonakademik. Selain mengikuti pelajaran rutin di sekolah, Anda dapat mengikuti ekstrakurikuler sesuai minat. Jika masih bingung menentukan atau tidak tahu potensi seperti apa yang terpendam dalam diri, Anda dapat mengikuti tes psikologi yang kredibel secara online maupun offline.

5. Perbaiki akhlak

Berbuat buruk bisa berupa apa pun. Mulai dari menyontek, mencuri barang orang lain, maupun menipu teman. Prestasi yang besar harus diimbangi dengan akhlak dan karakter yang positif. Seseorang tidak akan benar-benar dihargai jika memiliki sikap yang buruk, meskipun dirinya memiliki prestasi gemilang.

Perbaikan akhlak bisa dimulai dengan cara mengenali diri sendiri, menjalin hubungan positif dengan orang lain, serta mengatasi kelemahan. Langkah ini dapat menjaga kesehatan mental dan lebih menyadari emosi-emosi yang sedang Anda alami. Seseorang yang mampu mengenali dirinya akan lebih fokus terhadap peningkatan prestasi dan menguasai kendali dalam situasi apa pun.

Tak hanya berfokus pada diri sendiri, jalinlah hubungan baik dengan orang lain. Ada berbagai cara untuk menerapkannya. Misalnya, membantu seseorang yang kesusahan semampu Anda, bersikap ramah dan murah senyum, ataupun berlaku jujur. Jika bertindak sebagai pemimpin dalam suatu kelompok, sikapilah segala sesuatu dengan tegas, adil, dan bijak.

Demikian uraian tentang cara meningkatkan prestasi di sekolah yang perlu Anda cermati. Semoga pembahasan di atas dapat membuat diri sendiri menjadi lebih bersemangat dan tertantang untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Manfaatkan waktu dan tenaga secara efisien untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Setelah mencetak prestasi yang gemilang di sekolah, sayang sekali jika tidak memilih kampus yang berkualitas. LP3I menjawab kebutuhan Anda akan perguruan tinggi dengan jaminan pekerjaan impian setelah lulus. Kurikulum yang diajarkan selalu diperbarui dan mengikuti perkembangan dunia industri maupun usaha. Terlebih, LP3I telah disertifikasi secara nasional dan internasional.

Berminat kuliah di LP31? Cari tahu informasi selengkapnya di sini.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung