fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

7 Strategi Memilih Prodi Biar Lolos UTBK 2020

7 Strategi Memilih Prodi Biar Lolos UTBK 2020

Pendaftaran untuk masuk perguruan tinggi sudah resmi dibuka sejak Februari lalu. Semua sisa lulusan 2018, 2019, 2020, serta pendidikan paket C bisa mengikuti SBMPTN untuk melanjutkan pendidikan ke universitas yang diminati. Calon mahasiswa kini juga bisa menempuh dua kali Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK 2020). Dengan sistem tersebut, Anda akan memiliki kesempatan lebih luas untuk masuk perguruan tinggi yang diinginkan.

Meski dapat mengikuti hingga 2 kali UTBK 2020, sebagian calon mahasiswa masih merasa ragu apakah mereka bisa lolos ujian tersebut. Jika Anda salah satu di antaranya, berikut ini 7 strategi yang bisa Anda ikuti agar bisa lolos UTBK.

1. Cari Tahu Peraturan tentang Pilihan Prodi sebelum Mengikuti UTBK 2020

Pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi tahun ini terbagi menjadi dua kelompok, sama seperti tahun-tahun sebelumya, yaitu Seintek dan Soshum. Jika semua program studi yang Anda inginkan ada di kelompok Saintek, maka ikutlah kelompok Saintek, namun jika jurusan tersebut berada di kelompok Soshum, maka pilik kelompok ujian Soshum.

Jika jurusan yang Anda minati ternyata adalah dari kelompok Saintek dan Soshum, maka pilih kelompok ujian campuran. Ingat, urutan memilih program studi tersebut adalah berdasarkan prioritas. Jadi letakkan prioritas jurusan yang Anda inginkan di nomor satu.

2. Cari Tahu Peluang Jurusan Incaran di Beberapa Universitas yang Diminati

Langkah selanjutnya adalah mencari tahu peluang jurusan yang Anda minati. Biasanya panitia mengeluarkan data daya tampung dan peminat jurusan dari tahun sebelumnya. Informasi ini bisa digunakan sebagai acuan untuk mengira-ngira peluang Anda masuk ke universitas dan jurusan tersebut.

Sebagi contoh, untuk jurusan Sastra Inggris, peminat di UI tahun lalu adalah 3269 dan kuota tahun ini adalah 75. Untuk Sastra Inggris Undip, peminat tahun lalu mencapai 3521 orang dan kuota tahun ini adalah 150. Sedangkan Sastra Inggris UGM, peminat tahun lalu adalah 3181 dengan kuota tahun ini adalah 105. Berdasarkan perbandingan tersebut, maka anda bisa memilih Sastra Inggris UGM yang memiliki peluang lebih besar.

3. Jangan Fokus pada Satu Jurusan Saja

Kesalahan paling umum yang dilakukan calon mahasiswa adalah terlalu idealis dan hanya fokus pada satu jurusan. Untuk UBTK 2020ini, ada baiknya untuk tidak melakukan hal tersebut karena dapat mengurangi kemungkinan lolos seleksi.

Jika nilai UTBK 2020Anda kurang dari passing grade jurusan dan universitas incaran, maka pilih universitas yang memiliki jurusan sama dengan passing grade yang lebih rendah. Alternatif lainnya adalah memilih jurusan berbeda namun satu rumpun dengan jurusan yang diminati serta memiliki peluang lolos yang lebih besar.

4. Jadikan UTBK sebagai Acuan Memilih Program Studi

UTBK dilaksanakan sebelum SBMPTN dan hasilnya bisa digunakan untuk menentukan pilihan program studi. Jika skor yang didapatkan tinggi, maka Anda bebas memilih jurusan dengan passing grade yang tinggi dan masukkan PTN dengan peringkat di bawahnya untuk pilihan nomor dua. Jadi jika seandainnya Anda tidak lolos di pilihan pertama, masih ada peluang untuk masuk ke PT di pilihan kedua.

5. Cari Tahu Passing Grade Universitas Incaran

Seperti yang sudah disebutkan dalam poin sebelumnya, passing grade universitas adalah poin penting yang harus diketahui selama Anda mengikuti seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri. Pasalnya, dengan mengetahui passing grade ini, Anda bisa tahu peluang Anda di beberapa universitas pilihan.

Untuk mengetahui informasinya, Anda bisa mengecek di internet atau melakukan konsultasi langsung ke bimbingan belajar. Biasanya, lembaga bimbingan belajar akan memberikan informasi dan konsultasi mengenai seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

6. Pilih Ujian Mandiri

Beberapa universitas negeri menawarkan jalur mandiri untuk mereka yang tidak lolos seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Cari tahu beberapa universitas yang membuka jalur mandiri dan apakah mereka memiliki program studi yang Anda inginkan. Lakukan langkah ini sebagai jalur alternatif jika usaha untuk ikut seleksi ternyata tidak berhasil.

7. Pilih Universitas Swasta yang Bermutu

Tidak bisa masuk universitas negeri bukanlah akhir dunia, Anda bisa memilih untuk kuliah di beberapa universitas swasta yang berkualitas. Beberapa universitas swasta menawarkan program studi yang tidak kalah menarik dan modern dibandingkan universitas negeri.

Universitas swasta seperti LP3I menawarkan jurusan yang sejalan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Bahkan, universitas ini menjamin lulusannya bisa langsung terjun ke dunia kerja. Poin ini menjadi penting mengingat persaingan kerja yang semakin ketat. Universitas LP3I menjadi pilihan tepat akan membekali Anda dengan keterampilan dan ilmu yang dibutuhkan di dunia kerja, serta jaminan akan segera bekerja setelah lulus.

Nah, itu tadi beberapa strategi yang layak untuk dipertimbangkan sebelum Anda mengikuti UTBK 2020. Selamat berjuang dan semoga berhasil masuk perguruan tinggi yang Anda inginkan!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!