fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

7 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulus Kuliah

7 Kesalahan Mahasiswa yang Sering Disesali Setelah Lulus Kuliah

Tidak sedikit orang yang mengaku menyesal setelah lulus kuliah. Penyebabnya karena tidak memaksimalkan masa emas saat kuliah sebaik mungkin. Akibatnya, setelah lulus, penyesalan itu menjadi tidak berarti lagi.

Masa kuliah adalah saat yang begitu penting. Sebaiknya kamu memaksimalkan waktu dan potensi yang dimiliki agar bisa menuai hasilnya kelak setelah lulus.

Lalu, apa saja kesalahan yang sering disesali mahasiswa ketika kuliah, berikut ini daftarnya.

1. Salah Jurusan

Ini kesalahan pertama yang cukup sering terjadi. Penyebabnya bisa karena sejak awal tidak memiliki proyeksi apa yang ingin dicapai nanti. Akibatnya pemilihan jurusan pun asal-asalan.

Sebaiknya, sebelum memilih jurusan, kamu perlu memetakan diri seperti apa bakat, minat, dan cita-citamu. Dari situ, kamu nantinya bisa memilih jurusan kuliah yang tepat.

Ambil contoh misalnya kamu memiliki cita-cita sebagai jurnalis, memilih jurusan komunikasi jelas pilihan tepat. Jika kamu memiliki passion di bidang keuangan, memilih jurusan manajemen keuangan layak kamu pertimbangkan. Intinya, sesuaikan dengan bakat, minat, dan cita-citamu.

Sangat baik sebelum memilih jurusan, kamu berkonsultasi dengan banyak pihak. Selain orang tua, kamu perlu juga berkonsultasi dengan guru SMA, kakak kelas, maupun teman sebaya. Saran dan pertimbangan mereka akan sangat berarti sehingga kamu memiliki gambaran apakah jurusan yang kamu incar tepat untuk meniti karier di masa depan.

2. Tidak Serius Kuliah

Bersikap malas-malasan merupakan kesalahan fatal kedua saat kamu kuliah. Kamu akan begitu menyesalinya setelah lulus kuliah nanti. Oleh karena itu, hindari sikap ini.

Memang tidak mudah untuk konsisten terus semangat setiap hari. Ada saja godaan yang muncul. Bisa dari teman kuliah yang suka mengajak kamu nongkrong saat jam kuliah atau aneka godaan lainnya.

Kamu perlu memiliki sikap teguh dan tahu apa yang ingin kamu capai saat berkuliah. Ini kunci agar kamu tidak mudah malas-malasan. Kamu harus memprioritaskan kuliah-mu dibanding hal lainnya. Ketika waktu kuliah tiba, kamu harus datang tepat waktu. Saat ada tugas, kamu pun mengerjakan sebaik-baiknya.

Ingat, waktu kuliah itu tidak lama. Waktu yang singkat itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Hindari membuang waktu percuma untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

3. Tidak Melakukan Networking

Masa kuliah adalah saat bagus untuk memperluas koneksi dan pertemanan. Kamu bukan saja bisa kenal teman satu angkatan, tapi bisa kenal kakak kelas, adik kelas, dosen, dan banyak pihak lainnya.

Memiliki jejaring pertemanan yang luas itu begitu penting. karena sering kali peluang muncul dari akses luas yang kamu miliki. Tak jarang juga tawaran pekerjaan muncul dari networking-mu ini.

So, mulai sekarang, coba untuk bergaul dan memperluas pergaulan dengan orang atau komunitas yang tepat. Jika kamu misalnya kuliah di bidang desain grafis, mengikuti komunitas desain grafis di kampus adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa belajar banyak dari orang-orang yang memiliki minat sepertimu.

4. Salah Pergaulan

Jangan sampai ini terjadi. Banyak orang yang menyesal setelah lulus kuliah karena salah memilih pergaulan. Memiliki banyak teman itu bagus, tapi jangan sampai salah memilih lingkungan pertemanan karena hal itu akan berpengaruh terhadap ritme hidupmu saat berkuliah.

Sebagai contoh, sebaiknya kamu hindari lingkungan pertemanan yang kerap memiliki perilaku buruk seperti sering bolos kuliah maupun hal-hal tidak terpuji lainnya. Sebaiknya menyingkirklah jauh-jauh dari mahasiswa yang memiliki ritme hidup seperti itu.

Kamu berhak memilih teman yang bisa mendukung kemajuan hidupmu. Pilih teman yang memiliki aura positif, memiliki sikap maju, dan enggan bermalas-malasan. Pilihlah komunitas yang bisa mendukung apa yang ingin kamu cita-citakan.

5. Tidak Berorganisasi

Kuliah tidak melulu hanya pergi ke kampus untuk belajar. Kamu bisa melatih kemampuan berorganisasi dengan mengikuti organisasi intra-kampus, ekstra-kampus, maupun unit kegiatan mahasiswa (UKM).

Bergabung dengan organisasi tersebut membuat belajar banyak hal, mulai dari bagaimana cara kerja sebuah organisasi, bagaimana melakukan perencanaan organisasi, hingga eksekusi setiap kegiatan. Tentu kamu perlu pilih organisasi yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Dengan begitu, organisasi tersebut akan menjadi tempat berlatih yang tepat dan pendukung kegiatan kuliahmu.

6. Jarang Berkunjung ke Perpustakaan

Perpustakan di kampus sebaiknya sering kamu kunjungi. Banyak buku yang bisa menambah pengetahuan dan wawasan.

Sekalipun sekarang mungkin banyak hal bisa diakses melalui internet, namun tetap belajar melalui buku adalah salah satu cara belajar terbaik. Kamu bisa lebih memahami suatu hal dengan baik berkat belajar dari buku yang kamu pinjam dari perpustakaan kampus.

Kamu bisa jadwalkan misalnya minimal sekali dalam seminggu untuk datang ke perpustakaan universitas. Di sini kamu bisa memilih buku yang ingin dipinjam maupun memilih bahan bacaan lainnya. Percayalah, banyak membaca itu baik untuk masa depanmu nanti.

7. Tidak Punya Target

Kamu terlalu santai dalam menjalani perkuliahan. Tidak ada target yang ingin kamu capai. Akibatnya, semuanya berjalan seadanya.

Sebaiknya kamu memilih target yang jelas. Dengan begitu kamu akan terpacu untuk mencapainya. Sebagai contoh, kamu misalnya ingin lulus dalam 3,5 tahun dengan IPK cumloude. Dengan target yang terukur, kamu jadi bersemangat untuk mencapainya.

Sekalipun mungkin kamu memiliki keahlian lain, percayalah prestasi akademik itu tetap penting. Kamu bisa cek dalam banyak lowongan pekerjaan mensyaratkan calon pelamar harus memiliki IPK minimal sekian. Dengan IPK yang bagus, paling tidak kamu akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan impianmu.

Tentu soal target ini tak hanya untuk urusan akademik. kamu bisa terapkan juga pada hal lain yang menjadi bakatmu. Sebagai contoh, jika kamu memiliki bakat desain grafis, kamu misalnya menargetkan pada semester 3, dari keahlianmu mendesain ini kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan sampingan. Soal berapa uang yang kamu peroleh mungkin bukan jadi hal utama, tapi yang terpenting adalah menbuktikan bahwa karya desainmu layak dan terserap pasar. Itulah hal yang lebih penting.

Itulah sejumlah kesalahan yang harus kamu hindari agar tidak sampai menyesal setelah lulus kuliah. Ingat baik-baik.

Bagi kamu yang mau kuliah tahun ini, kunjungi https://www.lp3i.ac.id/ untuk pilihan kuliah cepat kerja. Mari songsong masa depan dari sekarang dengan memilih tempat berkuliah yang tepat

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!