fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Tips Mengatasi Mata Pelajaran yang Tidak Kamu Suka


Sebagai pelajar bahkan mahasiswa pasti kita pernah tidak menyukai suatu mata pelajaran. Alasannya ada beberapa faktor karena pelajaran tersebut sulit, guru yang mengajar  membosankan, atau metode belajar yang digunakan kurang efektif.
Berikut beberapa tips untuk mengatasi mata pelajaran yang tidak disukai di bawah ini:

1.        Coba untuk variasi metode belajar

Tips pertama yaitu cobalah untuk membuat variasi metode belajar. Mungkin selama ini metode belajarmu dengan sistem mencatat dari apa yang disampaikan oleh guru. Nah, mulai sekarang biar tidak membosankan dan terkesan monoton kamu bisa menggantinya, misalnya dengan  video pembelajaran, metode mind mapping, atau metode lainnya.

2.        Berusaha untuk mencintai guru

Berusahalah untuk menyukai dan mencintai guru yang mengajar. Dengan mencintai guru terlebih dahulu secara tidak langsung kita bisa menyukai pelajaran tersebut. Apabila cara tersebut sulit dilakukan, kamu bisa melalui cara lain yaitu dengan menghilangkan prasangka-prasangka buruk terhadap guru tersebut, lalu ambil sisi positifnya saat mengajar. 

3.        Meningkatkan rasa ingin tahu terhadap pelajaran

Jika kamu ingin bisa dalam pelajaran yang tidak kamu sukai, mulai saat ini buang rasa malas dan tingkatkan rasa ingin tahu kamu terhadap pelajaran tersebut. Rasa penasaran terhadap suatu hal dan keinginan untuk mencoba suatu hal baru harus kamu tumbuhkan.
Mungkin di awal akan sulit dilakukan, tapi dengan menanamkan perasaan rasa ingin tahu dan berusaha dengan giat bukan tidak mungkin mata pelajaran yang awalnya tidak kamu sukai kamu menjadi jatuh cinta. 

4.        Nikmati proses dalam setiap pembelajaran

Saat ini kamu sedang di situasi yang tertekan, situasi yang membuatmu merasa tidak nyaman dalam belajar. Tapi, yang harus kamu ingat jangan buru-buru untuk menyerah nikmatilah setiap proses dalam belajar.
Selain itu, jangan memaksakan diri untuk cepat menyukai setiap pembelajaran dan jangan terlalu fokus kepada hasil akhir yang didapat.

5.        Mencari guru privat atau tutor

Bosan dengan cara penyampaian pelajaran oleh guru di sekolah sehingga menjadi malas untuk belajar. Kamu bisa mencari guru privat atau tutor di luar sekolah lho, guys. Jika kamu tidak menyukai pelajaran karena konsep atau gurunya yang mengajar, tidak ada salahnya kamu mencari tutor atau guru privat.

Sumber: idntimes.com
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung