fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Jenis Kuliah yang Ada di LP3I dan Penjelasannya

5 Jenis Kuliah yang Ada di LP3I dan Penjelasannya

Zaman semakin maju, teknologi semakin berkembang, jenis pekerjaan semakin banyak. Lantas, apakah mencari pekerjaan jadi lebih mudah? Jawabannya, tidak juga. Faktanya, persaingan di dunia kerja pun semakin ketat.

Berbekal ijazah SMA/SMK harus disadari tak lagi cukup. Untuk membangun karier, kamu perlu membekali diri dengan kompetensi, pengalaman bekerja, serta jaringan dan informasi terkait kesempatan kerja di berbagai perusahaan. Maka, memilih jenis kuliahdi tempat tepat dan cepat kerja adalah langkah paling bijak.

LP3I telah bergelut lebih dari 28 tahun dalam pendidikan vokasi. Mengusung komitmen menyiapkan SDM berkualitas yang siap kerja sesuai bidang masing-masing, LP3I menerapkan konsep link and match pada kurikulumnya. Apa yang diajarkan kepada mahasiswa berdasarkan kebutuhan dunia industri dan usaha, serta disampaikan oleh tenaga pengajar praktisi profesional di bidangnya.

LP3I percaya bahwa kompetensi, pengalaman, dan koneksi merupakan tiga bekal utama membangun karier cerah di masa depan. Semua berawal dari pemilihan jurusan yang tepat sesuai minat kamu. Ada banyak jurusan tersedia di LP3I. Supaya kamu tidak bingung, berikut rekomendasi 5 jenis kuliahdi LP3I.

Jenis Kuliah - blog 1

Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis termasuk jurusan paling favorit di kalangan mahasiswa. Hampir semua Kampus LP3I memiliki jurusan ini. Pasalnya, permintaan lulusan Administrasi Bisnis dari kalangan perusahaan pun tergolong banyak. Penyerapan tenaga kerjanya bisa dikatakan maksimal karena semua perusahaan membutuhkan tenaga kerja administrator bisnis.

Lulusan jurusan Administrasi Bisnis LP3I diharapkan mampu menjadi tenaga ahli madya dalam bidangnya, sekaligus berperan sebagai inovator pengembangan perusahaan tersebut. Dalam perkuliahan, LP3I pun punya standar kemampuan lulusan tersendiri yang sudah terukur.

Mahasiswa Administrasi Bisnis mampu mendesain, menerapkan, melakukan evaluasi, dan mengkreasikan inovasi sistem pemasaran, baik skala domestik maupun mancanegara, serta mengelola keuangan perusahaan. Adapun kompetensi yang perlu dikuasai adalah:

  1. Menguasai prosedur terkait ekspor impor beserta dokumen terkait.
  2. Menguasai pemasaran, teknik presentasi negosiasi, serta isu etika bisnis.
  3. Terampil membuat surat dan proposal bisnis berikut proses administrasinya.
  4. Terampil secara praktis melakukan administrasi keuangan dan perpajakan terkait lembaga keuangan.
  5. Terampil berbahasa Inggris secara aktif.
  6. Menguasai secara praktis teknologi informasi berikut fasilitas komputer terkait permasalahan bisnis.
  7. Terampil mengembangkan kreativitas guna mendeteksi peluang pasar, berikut penyusunan rencana yang bisa diajukan kepada mitra investor, perbankan, atau lembaga keuangan lain.
  8. Mempunyai jiwa kewirausahaan.

Komputerisasi Akuntansi

Harus diakui, segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang Akuntansi punya kesempatan kerja menjanjikan, mengingat tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan tenaga di bidang keuangan. Namun, agar bisa memenangkan persaingan kamu butuh keahlian spesifik yang membedakan diri dari lulusan akuntansi pada umumnya.

Keahlian Komputerisasi Akuntansi menargetkan lulusan yang akan menjadi tenaga kerja ahli madya dalam bidang akuntansi dan keuangan. Di samping pengenalan akuntansi manual, mahasiswa juga diajarkan penggunaan software akuntansi yang umum dipakai perusahaan.

Maka, standar kemampuan lulusan Komputerisasi Akuntansi LP3I mencakup:

  1. Terampil dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur, baik secara manual maupun komputerisasi.
  2. Terampil membuat perencanaan keuangan kegiatan usaha berikut analisis kinerja laporan keuangan badan usaha terkait.
  3. Terampil dalam penyusunan laporan keuangan fiskal dan penyelesaian masalah perpajakan dari segi prosedur.
  4. Terampil mengaplikasikan konsep pengendalian internal lewat perancangan sistem informasi akuntansi, berikut penilaian atas pelaksanaannya melalui pemeriksaan keuangan dan operasi perusahaan.
  5. Mampu melakukan presentasi bisnis keuangan.
  6. Memiliki jiwa kewirausahaan.
Jenis Kuliah - blog 2

Teknik Informatika

Jenis kuliah Teknik Informatika juga tengah naik daun berkat kemajuan teknologi pesat masa kini. Perusahaan membutuhkan tenaga profesional terlatih dalam bidang teknologi informasi yang sudah siap bekerja. Maka, lulusan LP3I jurusan ini diharapkan mampu merancang dan menciptakan aplikasi sistem informasi berbasis desktop atau mobile android.

Oleh karena itu, LP3I menyiapkan standar kemampuan lulusan Teknik Informatika dengan deretan kompetensi berikut ini.

  1. Terampil dalam instalasi dan administrasi sistem operasi Windows dan Linux.
  2. Terampil merakit dan melakukan troubleshooting perangkat keras komputer.
  3. Terampil merancang dan membuat sistem informasi dengan bahasa pemrograman berbasis visual maupun objek.
  4. Dapat berperan sebagai database administrator dengan memakai MS.SQL Server, Oracle, atau Microsoft Access.
  5. Terampil membangun Web Server, Database Server, Mail Server, Proxy Server, DNS Server berbasis Linux, CISCO network system, dan Microsoft Windows Server.
  6. Terampil berkomunikasi efektif menggunakan bahasa Inggris, khususnya dalam memahami sumber bacaan buku atau jurnal tentang komputer dalam bahasa Inggris.
  7. Mempunyai jiwa kewirausahaan
Jenis Kuliah - blog 3

Manajemen Perkantoran

Semua perusahaan membutuhkan tenaga terampil dalam manajemen perkantoran, mengingat urusan “dalam negeri” sebuah perusahaan ini punya to-do-list panjang. Lulusan Manajemen Perkantoran LP3I diharapkan mampu menguasai masalah manajemen SDM dalam perusahaan berikut keterampilan terkait administrasi perkantoran, sistem pengarsipan, administrasi keuangan, perpajakan, dan perbankan.

Mereka dipandang mampu menjadi pengelola sumber informasi penting yang menjadi dasar pimpinan saat melakukan pengambilan keputusan. Maka, dalam perkuliahan mahasiswa Manajemen Perkantoran punya standar kemampuan kelulusan antara lain:

  1. Terampil melakukan administrasi dokumen kantor guna efisiensi berbagai pekerjaan kantor.
  2. Memiliki tingkat kecermatan penyimpanan dokumen hingga 95% dengan menguasai lima sistem penyimpanan, termasuk tahap penyusutan dan pemusnahan arsip.
  3. Menguasai masalah ketenagakerjaan perusahaan, seperti rekrutmen, penempatan, penghitungan kompensasi, dan peraturan ketenagakerjaan.
  4. Memahami dan menguasai prosedur terkait aplikasi perdagangan internasional dan pasar modal.
  5. Terampil mengoperasikan Microsoft Office dan Access, berikut administrasi dokumen secara komputerisasi.
  6. Terampil mengelola administrasi keuangan dan perpajakan, khususnya terkait lembaga keuangan lain.
  7. Mempunyai jiwa kewirausahaan.
Jenis Kuliah - blog 4

Sekretaris

Peran sekretaris dalam sebuah perusahaan tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Apalagi, menyambut persaingan global masa kini, perusahaan membutuhkan tenaga sekretaris cerdas, cermat, dan cekatan. Mereka harus punya etika berikut integritas kepribadian yang kuat, selain terampil menguasai aplikasi teknologi informasi.

Keterampilan berkomunikasi lisan dan tulisan yang andal adalah keunggulan yang harus dikuasai sekretaris, baik dalam bahasa Inggris atau percakapan sederhana bahasa Jepang. Maka, guna menjadi lulusan sekretaris andal, LP3I punya standar kemampuan lulusan berikut ini.

  1. Terampil berkomunikasi bahasa Inggris aktif dan efektif.
  2. Terampil berbahasa Jepang dalam tataran dasar, baik secara lisan maupun tulisan.
  3. Terampil mengoperasikan peralatan maupun mesin kantor modern.
  4. Terampil berkorespondensi bisnis, intern, dan statuta, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, serta membuat laporan akurat terkait kepentingan bisnis dan perusahaan.
  5. Terampil mengetik sepuluh jari blind system dengan kecepatan 250 hpm, serta penerapannya dalam Microsoft Office.
  6. Terampil dalam pengelolaan dan penyimpanan dokumen dengan sistem kearsipan tertentu.
  7. Dapat merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan mengawasi proses pelaksanaan sistem prosedur kantor maupun organisasi.
  8. Memiliki sikap baik, penampilan profesional, kepercayaan diri tinggi, yang bertujuan membangun citra positif perusahaan.
  9. Menguasai teknik pembuatan proposal, serta terampil presentasi dan negosiasi.
  10. Memahami prosedur perdagangan luar negeri berikut jasa layanan bank.
  11. Mempunyai jiwa kewirausahaan.

Demikian penjelasan mengenai 5 jenis kuliah LP3I. Kamu bisa menemukan informasi lengkap mengenai jurusan perkuliahan LP3I lainnya di https://www.lp3i.ac.id/.

Ayo, bergabung bersama lebih dari 47.000 lulusan dengan berkuliah tepat dan cepat  kerja di LP3I!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!