fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

10 Prodi Soshum Dengan Keketatan Tertinggi Di SBMPTN 2019

10 Prodi Soshum Dengan Keketatan Tertinggi Di Sbmptn 2019

SBMPTN atau yang lebih dikenal dengan sebutan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri menjadi salah satu hal yang banyak diperbincangkan oleh sebagian besar masyarakat yang notabene merupakan lulusan SMA/SMK ataupun yang sederajat. Salah satu hal menarik yang menjadi perbincangan adalah adanya beberapa prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di SBMPTN 2019.

Tentu saja yang demikian ini menjadi acuan bagi mereka yang lulus pada tahun 2020 untuk mengambil salah satu dari sekian banyak program pendidikan yang ditawarkan di universitas di Indonesia.

Berkaitan dengan adanya prodi Soshum dengan ketetatan tertinggi pada SBMPTN 2019 tersebut, disebutkan bahwa keketatan ini dimaknai dengan adanya jumlah pelamar yang melebihi kuota yang disediakan oleh sebuah perguruan tinggi yang bersangkutan.

 Sebagai contoh, jika sebuah universitas A memiliki keketatan 1:70, maka bisa disimpulkan jika dari 70 calon mahasiswa, maka yang diterima pada prodi universitas tersebut hanya 1 orang saja. tentu saja hal semacam ini menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon mahasiswa yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tersebut.

baca juga: Kayak Gimana Kuliah Keuangan dan Perbankan Syariah 

Ini dia prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di SBMPTN 2019 silam

Sebelum lebih lanjut membicarakan mengenai adanya prodi Soshum dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN 2019 silam, perlu diketahui bahwa prodi Soshum atau Sosial Humanoira ini mencangkup Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Sastra serta Hubungan Internasional.

Perlu diketahui bahwa keketatan pada prodi Soshum ini dilansir dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yang mengumumkan hasil seleksi SBMPTN 2019 pada 9 Juli 2019 silam yang melibatkan setidaknya 85 PTN dengan daya tampung keseluruhan  mencapai 181.645 kursi.

1. Ilmu Komunikasi-Universitas Negeri Yogyakarta

Dikenal sebagai salah satu universitas terbaik di DI Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta dengan prodinya yaitu Ilmu Komunikasi ternyata masuk dalam jajaran prodi Soshum dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN 2019 yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan ketersediaan kuota sebesar 32 dengan peminatnya mencapai 1,562. Dari angka tersebut diketahui keketatan tersebut adalah 1:49.

2. Psikologi-Universitas Negeri Yogyakarta

Masih pada universitas yang sama, adanya keketanan prodi yang dipilih oleh calon mahasiswa baru pada universitas tersebut di SBMPTN 2019 silam juga ditemui pada prodi Psikologi. Disebutkan bahwa dengan jumlah peminat sebanyak 1,437 orang, universitas tersebut hanya membuka sebanyak 32 kursi saja. Dengan ini disimpulkan keketanan tersebut sebesar 1:45.

3. Ilmu Komunikasi-Universitas Pendidikan Indonesia

Selajutnya mengenai prodi Soshum dengan keketatan tertinggi juga ditemukan pada program studi Ilmu Komunikasi yang ada di Universitas Pendidikan Indonesia. Dari perhitungan yang dilakukan, dikatakan bahwa universitas yang menyediakan kursi sebanyak 41 buah ini harus direbutkan sebanyak 1,828 calon mahasiswa. Dalam hal ini keketatan prodi tersebut adalah 1:45.

4. Manajemen-Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya adalah prodi Manajemen yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Jakarta yang juga masuk pada jajaran prodi Soshum dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN 2019 silam. Dalam hal ini, dengan jumlah calon mahasiswa sebanyak 1,482 orang, mereka harus berusaha merebutkan 37 kursi dengan keketatan sebesar 1:40.

5. Pariwisata-Universitas Gadjah Mada

Masih berkaitan dengan prodi Soshum yang memiliki keketatan tertinggi di SBMPTN 2019, disebutkan bahwa prodi Pariwisata yang dimiliki oleh sebuah Universitas Gadjah Mada tersebut harus diperbutkan oleh 989 orang dengan ketersediaan kursi sebanyak 23 buah. Dengan demikian, keketatan tersebut sebesar 1:39.

6. Ilmu Komunikasi-Universitas Negeri Jakarta

Ilmu Komunikasi yang menjadi bagian program studi dari Universitas Negeri Jakarta ternyata juga termasuk pada prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di SBMPTN 2019 yang lalu. Pasalnya, dengan ketersediaan kursi sebanyak 42 buah harus diperebutkan oleh 1,545 pelamar. Disimpulkan bahwa keketatan prodi tersebut adalah 1:37.

7. Administrasi Negara-Universitas Negeri Yogyakarta

Masih berkaitan dengan prodi Soshum dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN 2019 bahwa di Universitas Negeri Yogyakarta juga disebutkan bahwa jurusan Administrasi Negara menjadi prodi yang memiliki keketatan tertinggi dengan rasio 1:36. Disebutkan bahwa dengan ketersediaan kursi sebanyak 32 buah, pelamar yang masuk berjumlah 1,151 orang.

8. Bahasa dan Kebudayaan Korea-Universitas Indonesia

Mengenai prodi Soshum dengan keketatan tertinggi di SBMPTN 2019 silam bahwa untuk prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea yang ditawarkan oleh Universitas Indonesia juga menjadi salah satu prodi yang keketatannya sangat tinggi. Hal ini dibuktikan oleh jumlah pelamar sebanyak 477 orang dengan ketersediaan kursi sebanyak 15 buah. Rasio keketatan tersebut sebesar 1:32.

9. Pendidikan teknik boga-Universitas Negeri Yogyakarta

Untuk prodi Soshum dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN 2019 silam juga ditemukan pada prodi Pendidikan Teknik Boga dari Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, dengan jumlah pelamar sebanyak 1,008 orang, hanya tersedia kuota sebanyak 32 kursi saja. Dari sini disimpulkan jika keketatan tersebut sebesar 1:32.

10. Sastra Inggris-Universitas Negeri Jakarta

Dengan rasio sebesar 1:31, prodi Sastra Inggris yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Jakarta dianggap sebagai salah satu prodi Soshum dengan keketatan tertinggi. Dalam hal ini, bisa diibaratkan bahwa dengan rasio tersebut, dikatakan bahwa sejumlah 777 peminat harus memperebutkan setidaknya 25 kursi.

Itulah daftar prodi Soshum dengan keketatan tertinggi pada SBMPTN tahun 2019 silam yang kemudian bisa dijadikan sebagai tolok ukur dalam memilih jurusan yang diinginkan. Dengan mempertimbangkan hal ini juga, maka seorang calon mahasiswa akan berpeluang untuk bisa diterima pada Universitas yang diimpikan.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung