fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kayak Gimana Kuliah Keuangan dan Perbankan Syariah

Keuangan Dan Perbankan Syariah

Dengan semakin berkembangnya sektor keuangan syariah di zaman saat ini, menjadikan kebutuhan terhadap sumber daya manusia pada bidang syariah juga kian meningkat. Tak heran profesi bidang keuangan dan perbankan syariah semakin banyak dicari. Bagi Anda yang berminat mempelajari lebih jauh seputar keuangan serta perbankan syariah, terdapat jurusan terkait bidang tersebut di beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Jurusan tersebut juga menawarkan prospek masa depan karier yang cemerlang bagi lulusannya.

Mengenal Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Saat ini Indonesia mulai banyak menerapkan sistem perekonomian berbasis syariah. Dimana sistem tersebut bertujuan menghindarkan masyarakat dari riba atau bunga serta menghindarkan perdagangan produk yang diharamkan menurut Islam. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang paham dan mengerti tentang keuangan serta perbankan syariah, beberapa perguruan tinggi di tanah air membuka jurusan keuangan dan perbankan syariah.

                Perlu Anda ketahui, jurusan keuangan dan perbankan syariah adalah jenis bidang keuangan dan perbankan yang melaksanakan kegiatan keuangan maupun perbankan berdasarkan syariah Islam. Sistem operasionalnya juga berbeda dengan keuangan maupun perbankan konvensional yang selama ini sudah Anda kenal. Sistem keuangan serta perbankan syariah memakai prinsip bagi hasil secara keseluruhan produk-produknya.

                Selain itu sumber dana, pembiayaan serta penyaluran danaya juga berbeda dibandingkan keuangan dan perbankan konvensional. Pada pembiayaan bank syariah, juga menerapkan wakaf dan zakat sesuai dengan ajaran agama Islam. Tidak hanya produknya saja, pelayanan dan hubungan dengan mitra menjadi prioritas utama dalam keuangan dan perbankan syariah.

Tujuan Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Sebagai upaya untuk mewujudkan sistem perekonomian berbasis syariah di Indonesia, dibutuhkan Sumber Daya Manusia berkualitas dan memahami prinsip bank syariah, dapat menjaga stabilitas perekonomian dan mengerti tentang ekonomi Islam secara menyuluruh. Hadirnya keuangan serta perbankan syariah itulah yang menciptakan munculnya jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah di Perguruan Tinggi.  

                Dengan adanya jurusan tentang keuangan serta perbankan syariah bertujuan untuk mencetak para lulusan Diploma maupun sarjana terampil dan bisa menerapkan ilmunya dalam bidang keuangan maupun perbankan sebagai intrepreneur yang mempunyai inovasi dan kreativitas berwirausaha dengan mengintegrasikan antara konsep keuangan syariah yang berbasis teknologi informasi.

Konsentrasi Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Jurusan kuliah ini terbagi menjadi tiga jenis konsentrasi yang bisa dipilih oleh mahasiswa. Adapun konsentrasi tersebut yaitu :

  • Konsentrasi Bisnis Keuangan

Jurusan ini bertujuan menciptakan lulusan yang dapat menguasai dan mengelola keuangan bisnis secara efektif dan efisien untuk meningkatkan keputusan manajerial.

  • Konsentrasi Perbankan Umum

Jurusan kuliah ini menghasilkan para lulusan yang dapat menguasai konsep bank syariah dan mampu menjalankan sesuai dengan syariat Islam dan berbasis teknologi informasi.

  • Konsentrasi Perbankan Umum

Menghasilkan para lulusan yang dapat menguasai sistem perbankan dan mampu melaksanakan pekerjaan di berbagai fungsi bank yang berbasis teknologi informasi.

baca juga: 10 Prodi Soshum Dengan Keketatan Tertinggi Di SBMPTN 2019 

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ini?

Masalah keuangan dan perbankan syariah memang cukup rumit dipelajari sehingga para lulusan jurusan ini harus mempunyai pengetahuan dasar melalui mata kuliah tentang keuangan serta perbankan syariah. Bidang akuntansi dan keuangan merupakan salah satu jenis mata kuliah yang harus dipelajari. Terdapat juga beberapa jenis mata kuliah lain yang akan dipelajari dalam jurusan ini pada semester awal meliputi Bahasa Inggris, Matematika, bisnis keuangan, akuntansi, manajemen resiko, akuntansi keuangan, manajemen keuangan syariah dan prinsip manajemen.

                Sedangkan pada semester selanjutnya, terdapat beberapa jenis mata kuliah lain yang akan dipelajari yaitu usul Fiqih keuangan dan perbankan, perbankan syariah, ekonomi Islam, bahasa Arab untuk muamalah dan produk perbankan syariah dan pelayanan. Beberapa jenis mata kuliah jurusan ini diberikan dengan urutan yang berbeda dalam setiap universitas.

Prospek Kerja Jurusan Keuangan dan Perbankan Syariah

Bagi mahasiswa yang sudah menyelesaikan kuliahnya di jurusan ini, nantinya mereka dapat bekerja di berbagai sektor keuangan sebagai berikut:

  • Manajemen Perusahaan

Profesi ini bertugas mengerjakan administrasi serta menjadi pemimpin sebuah perusahaan.

  • Konsultan Keuangan

Bekerja mengurus arus kas yang masuk maupun keluar agar mencapai tujuan perusahaan.

  • Perusahaan Asuransi

Bekerja sebagai perantara perusahaan asuransi dengan nasabah dan memperkenalkan produk asuransi perusahaan tersebut sesuai kebutuhan para nasabah.

  • Bank Syariah atau Bank Konvensional

Bekerja sebagai staff perbankan baik di bank konvensional maupun bank syariah.

  • Bekerja di Sektor Keuangan BUMN

Bekerja dalam sebuah sektor keuangan di perusahaan BUMN di Indonesia.

  • Menjadi Dosen

Sebagai dosen mata kuliah keuangan dan perbankan syariah di universitas yang berbasis Islam.

  • Manajer Keuangan

Menjadi seorang kepala manajer di sebuah perusahaan keuangan, misalnya sebagai manajer bank.

  • Auditor

Menjadi seorang ahli audit di setiap transaksi keuangan pada sebuah bank tertentu.

  • Wirausaha atau Pebisnis

Berbisnis pada bidang keuangan seperti forex atau jual beli saham.

Bagi Anda yang berminat mempelajari seputar keuangan dan perbankan syariah, sebaiknya pilih jurusan kuliah di universitas yang membuka jurusan tersebut. Selain belajar mengenai keuangan serta perbankan syariah, jurusan tersebut juga memiliki prospek kerja yang bagus bagi para lulusan sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami