fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Warna, Bukan Sekedar di Mata

Warna, Bukan Sekedar di Mata

Putar balik ke tahun 1666, ketika eksperimen Isaac Newton dengan prismanya berujung pada fakta bahwa cahaya putih merupakan gabungan dari bermacam-macam warna; Newton juga membuktikan bahwa setiap warna tersebut memiliki panjang gelombang yang unik. Penemuan ini membuktikan kompleksitas warna secara fisik, yang terlihat di mata.

Gelombang Warna

Apakah warna-warna pada sisi spektrum merah membuatmu merasa nyaman? Atau malah membuatmu cepat beremosi?

Apakah warna-warna pada sisi spektrum biru membuatmu tenang? Atau malah membuatmu sedih?

Sehubungan dengan pertanyaan di atas, warna dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif, juga sarana mengungkapkan rasa. Maka itu, banyak seniman yang suka bermain warna dan percaya bahwa warna mempengaruhi mood dan reaksi psikologis manusia. Yang belakangan akan dibahas singkat dalam artikel ini.

Psikologi warna mempelajari pengaruh warna terhadap sikap dan pengambilan keputusan manusia. Contohnya dalam marketing; penggunaan psikologi warna sangat berguna untuk menarik konsumen dalam membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Riset membuktikan bahwa call-to-action (CTA) button berwarna merah lebih banyak menarik pasar sebanyak 21% dibandingkan CTA button berwarna hijau. Hal ini dikarenakan oleh pengaruh warna merah yang memberikan efek keterdesakan, sedangkan warna hijau yang memberikan efek menenangkan. 

Selain itu, warna pada logo brand juga berpengaruh pada target pasar yang dituju dan bagaimana brand tersebut diartikan oleh masyarakat. Seperti preferensi gender contohnya—persentase wanita yang menyukai logo brand berwarna kuning lebih sedikit dibandingkan pria, sedangkan sebaliknya untuk yang berwarna ungu.

Tidak hanya dalam bidang marketing, pengaplikasian psikologi warna juga digunakan dalam penyembuhan alternatif, yang biasa disebut chromotherapy atau colorology. Sehingga, penelitian akan psikologi warna sudah seharusnya berkembang dengan baik dan kedepannya diharapkan dapat diterapkan dalam berbagai bidang.

References

Cherry, K. (2020). Color Psychology: Does It Affect How You Feel?. Retrieved from https://www.verywellmind.com/color-psychology-2795824 

Kolowich, L. (2017). Color Psychology in Marketing [Infographic]. Retrieved from https://blog.hubspot.com/marketing/psychology-of-color

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami