fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Motivasi Setelah Lulus SMA, Apa yang Ada di Pikiran Anak-anak Zaman Now?

Motivasi Setelah Lulus SMA, Apa yang Ada di Pikiran Anak-anak Zaman Now?

Kamu pernah bertanya-tanya, apa sebenarnya yang ada di pikiran anak-anak zaman now saat ditanya motivasi setelah lulus SMA?

Pasti jawabannya beragam karena setiap individu punya cerita yang unik. Tidak ada satu individu pun yang punya rencana sama. Kalaupun ada kesamaan, pasti ada saja beberapa hal yang membuatnya berbeda. Bisa jadi ada perbedaan tujuan, rencana, atau jalan yang ditempuh. Masing-masing memiliki motivasi tersendiri terkait kehidupan masa depan yang diimpikannya.

Merasa bingung itu wajar kok, mengingat ini berkaitan erat dengan keputusan penting dalam hidup. Belum lagi ada beberapa situasi dan kondisi yang membuat seseorang harus menyusun ulang prioritasnya. Saat itulah kamu harus bersikap dewasa supaya bisa memutuskan jalan mana yang hendak diambil selepas SMA.

Apa saja ya motivasi setelah lulus SMAyang kerap muncul dalam benak anak-anak zaman now? Boleh jadi satu dari enam jawaban berikut adalah motivasi kamu.

Motivasi Setelah Lulus SMA, Apa yang Ada di Pikiran Anak-anak Zaman Now - blog1

Ingin kuliah di PTN ternama

Tahukah kamu mengapa setiap tahun peminat tes masuk perguruan tinggi negeri membludak? Ya, berkuliah di PTN dipandang bergengsi bagi mayoritas lulusan SMA. Jangan lupa juga pandangan orang tua zaman dulu yang masih terpaku pada reputasi tempat kuliah berpengaruh pada mudah tidaknya mendapat kerja.

Padahal, pilihan mainstream ini tidak lantas membuatmu mudah mencari kerja nantinya lho. Mau kuliah di PTN sebagus apa pun, tetapi seseorang tidak punya keterampilan kerja yang kompeten dan minim pengalaman, tetap saja bisa berpotensi jadi pengangguran. Namun, bukan berarti motivasi kuliah di PTN itu salah.

Adalah hal wajar jika sebagian besar anak muda menaruh minat berkuliah di PTN ternama. Selain soal prestasi dan nama mentereng, nyatanya pengalaman menimba ilmu di jenjang perkuliahan bisa membantu pengembangan diri dalam segi akademik, keterampilan diri, dan networking.

Satu hal yang pasti, kamu harus memastikan jurusan dan kampus yang dituju sesuai yang diinginkan. Merasa tidak cocok di lingkungan PTN? Tidak masalah, masih banyak perguruan tinggi swasta dengan berbagai bentuk, seperti sekolah tinggi, politeknik, akademi, dan institut. Bisa juga kamu mencoba sekolah kedinasan. Tinggal kamu sesuaikan dengan jurusan yang dituju dan ketersediaan dana saja.

Berniat langsung kerja

Kondisi perekonomian keluarga kamu tidak mendukung untuk lanjut kuliah? Motivasi berikutnya pasti langsung terlintas selepas lulus SMA: langsung bekerja. Keinginan hidup mandiri dan tidak membebani orang tua kerap jadi alasan mengapa banyak tamatan SMA memutuskan bekerja. Bahkan, tak sedikit mereka yang harus bekerja untuk membiayai sekolah adik-adiknya.

Faktanya, kamu perlu tahu juga bahwa lapangan pekerjaan untuk pemegang ijazah SMA tidak begitu banyak. Sektor swasta umumnya membuka peluang lebih besar, tetapi dengan jenis pekerjaan terbatas. Sebagai contoh, buruh atau operator pabrik, customer service, cleaning service, helper, pelayan, penjaga toko, atau bagian administrasi.

Jika kamu sudah punya pengalaman bekerja sebelumnya, itu lebih baik. Namun, tetap saja penghasilan yang diperoleh tidak bisa sebesar mereka yang lulusan D3 atau S1. Maka, supaya kariermu perlahan terbangun, usahakan untuk mengumpulkan dana guna melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Ini penting agar daya saingmu juga meningkat.

Motivasi Setelah Lulus SMA, Apa yang Ada di Pikiran Anak-anak Zaman Now - blog2

Ingin berwirausaha

Hari gini memulai bisnis online bukan perkara sulit. Siapa saja bisa mulai berbisnis kecil-kecilan dari rumah, apa pun latar belakang pendidikannya. Asalkan kamu konsisten, tekun, dan mau bekerja keras, bisnis yang kamu geluti bisa saja meraup sukses. Bahkan, banyak jenis bisnis yang hanya membutuhkan modal minim, seperti jadi reseller atau dropshipper.

Kamu bebas berbisnis di bidang yang kamu sukai. Misalnya, makanan, hobi, fashion, hingga jasa. Tambahkan juga profesi zaman now yang kekinian, seperti youtuber, blogger, influencer, make up artist, hingga food stylist. Semua profesi itu menawarkan bisnis jasa yang boleh jadi sepuluh tahun lalu tidak terpikirkan orang-orang.

Jika kamu sudah menjalankan bisnis ini sejak duduk di bangku sekolah, bisa saja sekarang waktu tepat untuk serius mengembangkannya. Lagi pula, siapa yang tak termotivasi mendapatkan uang dari pekerjaan yang kamu senangi? Bangga lho bisa menghasilkan uang sendiri di usia muda. Bukan nggak mungkin kamu menggunakan hasil jerih payahmu untuk membiayai kuliahmu.

Ingin menunda kuliah satu tahun

Keinginan menunda kuliah satu tahun kadang muncul sebagai konsekuensi tidak diterima PTN yang dituju. Padahal, mengambil gap year, istilah populernya, justru umum dilakukan di berbagai universitas ternama Amerika Serikat. Dengan menunda kuliah, seseorang bisa lebih mengenal diri sendiri lewat eksplorasi berbagai kegiatan yang menarik minatnya.

Anggap saja ini transisi dari masa sekolah ke masa kuliah, hanya saja kamu memutuskan menjalaninya lebih lama. Apalagi, banyak kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama melakoni gap year. Mulai dari mengambil kursus yang kamu incar sejak lama (misalnya, belajar programming, bahasa asing, animasi, memasak, dst), aktif sebagai relawan di komunitas, traveling, atau coba mendaftar beasiswake luar negeri.

Gap year seperti investasi waktu bagimu. Selama periode ini kamu bisa menjelajahi semua kemungkinan pilihan yang akan kamu lakukan di masa mendatang. Tak ada salahnya mencoba satu per satu, supaya kamu benar-benar siap berkuliah jika waktunya tiba.

Motivasi Setelah Lulus SMA, Apa yang Ada di Pikiran Anak-anak Zaman Now - blog 3

Ingin segera menikah

Tren menikah muda atau pacaran sesudah menikah memang marak beberapa tahun belakangan. Bisa jadi segelintir temanmu (atau mungkin kamu?) punya motivasi setelah lulus SMA demikian. Boleh-boleh saja sih, tetapi pertanyaannya apakah kamu siap menghadapi kenyataan hidup pasca menikah?

Menikah itu bukan solusi singkat kegalauan dalam hubungan percintaan kamu. Menikah ibarat pintu menuju suatu rumah tangga dengan segala kompleksitas kehidupan pernikahan yang penuh warna. Sesuai kalimat “Selamat menempuh hidup baru,” nyatanya hidup kamu tak lagi sama setelah menikah.

Kamu harus siap lahir batin menghabiskan sisa seumur hidupmu dengan orang yang sama. Siap juga menafkahi dan dinafkahi pasangan, termasuk bersiap melepas kebebasan diri. Apalagi, jika punya anak, harus siap juga membesarkan anak dan menjadi orang tua yang baik. Menikah jelas tidak sesederhana hidup serumah dengan pasangan. Jadi, yakin kamu benar-benar termotivasi ingin menikah?

Motivasi Setelah Lulus SMA, Apa yang Ada di Pikiran Anak-anak Zaman Now - blog4

Ingin kuliah yang cepat dapat kerja

Adakah dari kamu yang punya motivasi setelah lulus SMAseperti ini: kuliah di kampus tepat dan cepat dapat kerja?

Hal itu bisa terwujud jika kamu memutuskan berkuliah di LP3I. Dikenal sebagai institusi pendidikan vokasi berpengalaman lebih dari 28 tahun, lulusan LP3I telah terbukti menjadi tenaga kerja yang siap terjun dalam dunia industri dan usaha Indonesia. Semua berkat konsep link and match pada kurikulum dengan dukungan tenaga pengajar praktisi yang berpengalaman di bidang industri dan usaha terkini.

Berkuliah di LP3I pun turut mengasah jiwa kewirausahaan mahasiswa. Di samping itu, lulusan LP3I akan mengantongi ijazah dan sertifikat kompetensi sesuai bidang keahlian yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). LP3I yakin kompetensi, pengalaman, dan koneksi adalah bekal terbaik guna membangun karier kelak.

Mana kira-kira motivasi setelah lulus SMAversi kamu? Tempat kuliah tepat dan cepat kerja tentu bisa memotivasimu agar lebih serius merencanakan masa depan. Segera cek web LP3I untuk mencari tahu jurusan apa yang sesuai minat bakatmu. Semoga sukses!

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!