fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Mahasiswa Wajib Baca, Ini 5 Tips Hadapi Teman Kelompok yang Pemalas

Dalam mengerjakan tugas kelompok, pasti ada saja yang namanya teman pemalas yang tidak mau membantu mengerjakan tugas. Saat diajak mengerjakan banyak sekali alasannya yang dibuat.
Teman yang seperti ini memang sangat menyebalkan apalagi tugas yang diberikan dari dosen killer sekaligus mata kuliah yang cukup sulit. Selain teman yang pemalas, teman yang hilang-hilangan saat mengerjakan tugas juga cukup membuat teman yang lain ikut gondok.
Dan berikut ini 5 tips menghadapi teman kelompok yang malas:

1.     Membuat deadline dan target dalam mengerjakan tugas

Tips pertama yaitu buatlah deadline dan target dalam mengerjakan tugas kelompok tersebut. Cobalah untuk memberikan tugas untuk masing-masing teman kelompok sesuai perannya dan berikan target deadline kapan tugas itu akan selesai. Selain itu, deadline tersebut sangatlah berguna untuk membuat tugas tersebut terselesaikan secara tepat waktu. 

2.     Bangun komunikasi yang baik antar kelompok

Tips kedua yaitu bangun komunikasi yang baik antar teman sekelompok. Membangun komunikasi sangatlah penting dalam tim. Ketika kita sudah membagi tugas kepada teman kita yang pemalas, kita harus tetap mengontrolnya dengan cara membangun komunikasi secara intensif.

3.     Libatkan dalam hal pembagian tugas

Tips berikutnya nih, libatkan ia dalam hal pembagian tugas. Dalam tugas kelompok, kamu bisa membagi-bagi tugas tersebut kepada tiap teman dengan adil dan merata. Agar temanmu yang pemalas tadi memiliki tanggung jawab, pastikan dia juga kebagian dalam pembagian tugas. Cara tersebut boleh loh kamu coba. 

4.     Pilih waktu kerja kelompok yang tepat

Tips keempat yaitu pilihlah waktu kerja kelompok yang tepat. Kamu pasti sering menghadapi teman pemalas yang banyak sekali alasannya saat diajak kerja kelompok. Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa mencari waktu yang sesuai dan tepat dengan cara menyesuaikan jadwal dan waktu kosongnya. Dengan begitu, ia tidak bisa lagi mencari alasan lain untuk tidak ikut kerja kelompok. 

5.     Jangan ragu untuk memberi dia peringatan

Tips terakhir, jika cara-cara di atas tidak mempan dan tidak mempunyai efek terhadapnya, kamu bisa mencoba tips terakhir dengan memberikan peringatan langsung. Jangan ragu memberi peringatan secara langsung dan tegas terhadap teman pemalas tersebut. Kamu bisa memberi gertakan untuk tidak memasukkan namanya di dalam tugas tersebut. Cara itu diharapkan agar ia sadar akan tanggung jawabnya.
Ingat, ini tugas kelompok bukan tugas individu, jadi yang mengerjakan tugas adalah kita semua bukan salah satu orang saja. Semoga cara di atas bisa membantumu ya, selamat mencoba.  
Sumber: idntimes.com
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!