Indonesia Sasaran Tenaga Kerja Asing

An International Comparative Study Program at Nanyang Polytechnic Singapore
April 26, 2017

Indonesia Sasaran Tenaga Kerja Asing

“Tenaga kerja negara lain seperti Myanmar gencar kursus Bahasa Indonesia karena mereka mengincar pasar Indonesia,” ujar Sandi dalam acara employee gathering di kampus Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I), Jakarta, Rabu (29/3).

Dia mengatakan saat ini ekonomi Indonesia ada di peringkat 16 dengan 55 juta tenaga kerja terlebih dengan potensi peluang usaha mencapai Rp 0,5 triliun.  Namun, dia memperkirakan pada 2030, Indonesia akan masuk pada peringkat enam hingga tujuh dunia. Oleh karena itu, perlu upaya untuk mendidik masyarakat untuk menjadi wirausahawan.
“Jika kita tidak mampu menciptakan wirausahawan, maka peluang kita tersebut akan diambil pengusaha negara lain karena ada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” katanya. Disinggung mengenai pendidikan vokasi, dia menilai pendidikan vokasi sangat diperlukan terutama yang dibutuhkan oleh dunia industri.

Presiden Direktur LP3I Isral Nurdin meminta pemerintah untuk peduli pada pendidikan vokasi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.  “Pemerintah perlu memberikan perhatian serius kepada pendidikan vokasi yang didirikan oleh swasta, karena sebagian besar masyarakat meraih pendidikan di perguruan tinggi swasta,” kata Isral.

Isral Nurdin mengatakan sebagai pendidikan vokasi, pihaknya sudah sesuai dengan keinginan pemerintah yang mana pembelajarannya tiga semester di kampus, dua semester di industri dan satu semester di kampus. Lulusan pendidikan vokasi tak hanya mendapatkan ijazah tetapi juga sertifikasi kompetensi.

Sumber : Antara 28 Maret 2017

2 Comments

  1. Erna says:

    Apakah benar Indonesia sasaran tenaga kerja asing? Mengapa sejauh ini belum ada laporan dari pihak imigrasi dan ke-tenaga kerja-an?

    • Public Relation says:

      Erna Yth.:
      Untuk mengetahui serbuan tenaga kerja asing ke Indonesia, silahkan searching di berita Surat Kabar Nasional maupun lokal, khususnya tenaga asing dari China di Banten, Kalimantan Barat, Maluku Utara dan di daerah-daerah lainnya.
      LP3I College mempersiapkan mahasiswanya dengan skills untuk dapat berkompetensi secara global. Institusi tempat anda tentunya juga mempersiapkan mahasiswanya untuk mampu berkompetensi secara global kan ?
      Jika tidak ada laporan pemerintah tentang realitas tenaga kerja asing yang ada di Indonesia, mungkin mereka menunggu laporan yang komprehensif dari anda atau warga dengan data yang valid berikut bukti-buktinya yang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *