fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu bagi Mahasiswa

7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu bagi Mahasiswa

Semua mahasiswa pasti ingin lulus kuliah tepat waktu. Masalahnya, tidak semua mahasiswa mampu melakukannya. Terkadang ada hambatan yang membuat waktu kuliah menjadi lebih panjang dari seharusnya.

Penyebab telat lulus itu bisa karena faktor dalam diri atau faktor luar. Masalah dari dalam diri misalnya malas-malasan saat kuliah dan kurang termotivasi. Sedangkan faktor dari luar misalnya karena salah pergaulan atau terlalu asyik dengan dunia luar kampus.

Bagi kamu para mahasiswa baru, sebaiknya memantapkan diri dari sekarang agar bisa lulus kuliah tepat waktu. Jika sampai telat lulus, banyak kerugian yang kamu alami, seperti umur yang lebih tua dari fresh graduates lainnya, relatif lebih sulit masuk dunia kerja, dan juga kerugian materi karena biaya kuliah yang dikeluarkan lebih banyak.

Nah, biar kamu lulus kuliah tepat waktu, sebaiknya ikuti tips berikut ini.

Baca juga : Seputar Engineering: Jurusan Teknik Alat Berat? Jenjang Karirnya Seperti Apa?

1. Sadar Tujuan Kuliah

Pertama kamu harus sadar apa kewajibanmu sebagai mahasiswa. Tugas utamamu adalah belajar. Hasil yang diinginkan oleh orang tua dan kampus adalah kamu bisa lulus tepat waktu, memiliki nilai yang bagus, dan memiliki kepribadian yang unggul.

Nah, jika kamu sejak awal sudah tahu apa tugasmu, maka selanjutnya yang harus kamu upayakan adalah bagaimana cara mencapainya.

Semua orang tahu bahwa untuk mendapatkan hasil yang bagus saat kuliah adalah dengan rajin belajar. Namun hal ini terkadang lebih mudah diucapkan daripada dipraktikkan. Selalu ada hal yang menghambat seperti motivasi yang naik-turun, sulit beradaptasi, persoalan dana kuliah, atau masalah lainnya.

Namun, jika kamu sudah mencanangkan bahwa tugasmu saat kuliah adalah belajar sebaik-baiknya, maka seberat apapun masalah yang kamu hadapi, pasti ada jalan keluar.

2. Ambil SKS Maksimal

Saat kuliah, kamu akan mengenal Sistem Satuan Kredit Semester (SKS). Sistem tersebut digunakan untuk mengukur beban studi mahasiswa saat menempuh jenjang tertentu. Untuk program S1 biasanya mahasiswa harus menempuh antara 144 sampai 160 SKS. Sedangkan untuk program D3, jumlah SKS yang diperlukan adalah antara 110 sampai 120 SKS.

Kamu bisa mulai berhitung untuk bisa lulus kuliah tepat waktu. Kamu bisa ambil SKS maksimal di setiap semester. Biasanya jumlah maksimal SKS per semester adalah 24 SKS. Nah, sejak semester 1, kamu bisa coba mengambil SKS maksimum agar bisa cepat lulus.

3. Rajin Kuliah

Kamu harus rajin berkuliah. Hindari bolos, apalagi “titip absen”. Kamu harus menjadikan kuliah sebagai prioritas utama. Simpan baik-baik jadwal kuliahmu tiap hari agar tidak ada yang terlewat. Malam hari sebelum tidur, kamu pun harus melihat jadwal kuliah esok hari agar bisa melakukan persiapan terlebih dulu.

4. Mengerjakan Tugas Sebaik-Baiknya

Kerjakan sebaik-baiknya tugas yang diberikan dosen. Bukan hanya asal mengerjakan, tapi upayakan mengerjakannya sebaik mungkin. Dosen pasti akan mengapresiasi usaha yang kamu lakukan dalam mengerjakan tugas dengan mengganjar nilai bagus.

Jika misalnya ada kesulitan dalam mengerjakan tugas, jangan malu untuk bertanya ke teman kuliah lainnya. Jika ada tugas yang belum dimengerti, kamu pun bisa bertanya pada dosen.

5. Manajemen Waktu

Kunci sukses dalam bidang apapun adalah manajemen waktu. Kamu harus mengatur waktu sebaik-baiknya agar setiap tugas bisa selesai dengan baik.

Sebagai mahasiswa memang tugas utamamu adalah belajar. Namun mungkin juga kamu memiliki kegiatan lainnya seperti berbisnis, bekerja sambilan, atau mengikuti kegiatan kampus. Kamu harus pintar-pintar mengatur waktu agar semua kegiatan tersebut terlaksana dengan baik.

Sangat ideal jika kamu memiliki jadwal kegiatan harian dari pagi sampai malam. Dengan begitu, kamu tahu apa saja yang harus kamu lakukan setiap harinya. 

6. Memilih Pergaulan

Banyak mahasiswa yang telat lulus karena salah dalam bergaul. Oleh karena itu, kamu harus pandai dalam memilih teman. Hindari teman yang tidak memacu diri kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

Cari teman yang memiliki pribadi positif dan rajin. Dengan lingkup pergaulan yang baik diharapkan kamu pun bisa menjadi pribadi yang baik.

Lingkungan pergaulan amat berperan penting dalam pergaulan seseorang. Jika kamu memilih teman yang baik, maka lingkunganmu juga akan positif, Sebaliknya, jika salah memilih teman, sangat mungkin kamu pun akan terjerumus ke jalan yang keliru.

7. Memilih Topik Skripsi

Sekalipun mungkin kamu baru kuliah, tidak ada salahnya jika dari sekarang kamu mulai berpikir apa topik skripsi yang akan diajukan nanti. Dengan mencari topik sejak dini, kamu bisa mulai mencicil bahan yang perlu kamu siapkan saat membuat skripsi atau tugas akhir. Misalnya, kamu mengalokasikan dana untuk membeli buku sesuai topik skipsi yang kamu minati. Selain itu, kamu pun akan mulai belajar banyak tentang topik tersebut.

Cari tahu juga siapa nantinya dosen pembimbing skripsi yang mungkin sesuai dengan topik tersebut. Kamu bisa mempelajari karakter dan gaya dosen pembimbing tersebut. Dengan begitu, kamu jadi tahu apa saja yang perlu dilakukan agar bimbingan skripsi kelak bisa lancar.

Nah, sekarang kamu tahu kan bagaimana cara agar lulus kuliah tepat waktu? Memang saat berkuliah pastilah ada hambatannya. Tapi yakinlah selama kamu memiliki tekad yang kuat, tantangan apapun akan bisa kamu atasi.

Jika misalnya kamu saat ini bingung mau kuliah dimana, bisa coba pilih LP3I. Kampus ini memiliki keunggulan lulusan yang cepat terserap dunia kerja. Dengan begitu, kamu pun bisa langsung berkarir di dunia yang kamu sukai. Cek langsung di https://www.lp3i.ac.id/ untuk tahu lebih banyak program studi yang tersedia di LP3I.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung