fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

6 Tipe Teman Kuliah yang Harus Kamu Perhatikan Saat Masuk Kuliah

6 Tipe Teman Kuliah yang Harus Kamu Perhatikan Saat Masuk Kuliah

Setelah melewati masa SMA, masuk kuliah adalah jenjang yang dinantikan banyak orang. Bagaimana tidak, di masa ini Anda akan mengalami cara belajar yang baru dan akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menemui hal baru serta teman baru. Di kampus, Anda tidak lagi hanya akan bertemu dengan teman-teman satu kota, tetapi juga orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia. Jadi, tidak heran jika akan ada banyak karakter unik yang mungkin baru Anda temui.

Nah, sebelum memulai hari pertama masuk kuliah, bersiaplah terlebih dahulu karena Anda akan menemui 6 tipe teman kuliah seperti berikut ini.

1. Si ramah

Ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan mahasiswa baru yang sangat ramah pada semua orang. Anda mungkin akan kaget ada orang yang tiba-tiba menyapa dan mengajak Anda ngobrol panjang lebar bahkan di hari pertama saat baru saja berkenalan. Teman seperti ini cocok untuk Anda yang pemalu dan takut memulai percakapan.

Jadi, Anda bisa bebas dari beban mengawali pembicaraan dan bisa dengan mudah ikut alur pembicaraan yang dia lakukan. Menariknya lagi, berteman dengan seseorang yang ramah seperti ini juga akan dengan mudah membuka gerbang ke pertemanan baru lainnya sehingga Anda akan memiliki lebih banyak kenalan.

2. Si rajin

Saat masuk kuliah, Anda juga akan bertemu dengan seseorang yang sangat rajin. Mereka biasanya adalah mahasiswa yang datang di kelas paling awal, rajin meminta update dari dosen, serta mencari informasi tentang perkuliahan sebanyak-banyaknya. Jangan ragu untuk berteman dengan si rajin, karena mereka bisa memotivasi Anda untuk ikut rajin juga dalam perkuliahan. Bahkan, Anda tidak akan ketinggalan informasi tentang perkuliahan jika berteman dengan mereka.

3. Si aktif

Ada lagi mahasiswa yang sangat aktif di kelas. Lingkungan pendidikan kampus yang sering kali mengutamakan diskusi terbuka membuat mereka yang aktif di kelas akan terlihat menonjol. Mereka tidak ragu mengajukan pertanyaan, atau mengemukakan pendapat tentang materi yang sedang dibahas. Teman seperti ini membuat kelas lebih hidup karena diskusi jadi berjalan lancar.

Jangan ragu untuk ikut aktif di kelas seperti mereka. Jika Anda merasa malu untuk bersuara, belajarlah dari mereka bagaimana caranya mengemukakan pendapat dengan objektif. Dengan ikut aktif di kelas, maka dosen juga akan lebih mudah mengenali Anda. Ingat, partisipasi di kelas sering kali menjadi salah satu poin penting penilaian, lho!

4. Teman dengan pola pikir yang sangat berbeda

Kampus adalah tempat Anda bertemu dengan berbagai karakter dari berbagai wilayah di Indonesia. Jadi, tidak mengherankan jika Anda akan bertemu dengan seseorang yang memiliki pola pikir yang sangat berbeda. Tapi ingat, jangan jadikan perbedaan ini sebagai jurang pemisah, ya. Justru inilah saatnya Anda mempelajari perbedaan dan bagaimana cara menyingkapinya, karena berbeda pola pikir dan pendapat adalah hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

5. Mereka yang modis

Saat masuk kuliah, Anda sudah tidak lagi mengenakan seragam, dan inilah saatnya bagi beberapa mahasiswa untuk menunjukkan selera fashion mereka. Anda akan melihat mereka yang tidak hanya tampil rapi, tapi juga keren dan fashionable. Meski demikian, ingatlah untuk tidak menilai seseorang dari penampilan saja. Jangan sampai Anda mengagumi mereka yang fashionable dan tidak peduli dengan mereka yang berpenampilan biasa saja.

6. Si aktivis

Selain sebagai tempat untuk mengenyam pendidikan, kampus juga wadah yang tepat untuk mulai berorganisasi. Para “aktivis” ini biasanya akan bergabung dengan organisasi intra kampus dan bersemangat sekali dalam menjalankan kegiatan organisasi kampus.

Anda yang tertarik mempelajari hal-hal di luar materi perkuliahan sangat disarankan untuk mengikuti organisasi seperti ini. Pasalnya, kegiatan organisasi ini juga akan membantu mengembangkan jiwa kepemimpinan serta melatih Anda bekerja dalam tim, suatu hal yang akan bermanfaat di dunia kerja nantinya.

Nah, itulah tadi beberapa teman yang mungkin akan Anda temui setelah mulai masuk kampus. Selain fokus pada bidang studi, memilih teman yang tepat juga akan menjadi langkah sukses Anda dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Seperti memilih teman, memilih universitas yang tepat juga penting untuk masa depan Anda. Universitas seperti LP3I membantu Anda mendapatkan pendidikan dan pelatihan terbaik yang menunjang karier. Jadi, tidak mengherankan jika kampus ini menjamin mahasiswanya bisa segera bekerja segera setelah lulus.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!