fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tes Kepribadian: Kenali Dirimu dengan Tes Kepribadian Ini!

Tes Kepribadian: Kenali Dirimu dengan Tes Kepribadian Ini!

Mengenali diri merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, cara ini efektif untuk mengetahui potensi yang Anda miliki sehingga memilih keputusan besar seperti jurusan kuliah hingga karier akan lebih tepat dan terarah.

Saat ini ada beberapa jenis tes kepribadian yang tersedia, mulai dari tes 16 personalities, DISC, dan Enneagram. Baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang masing-masing tes.

1. Tes 16 personalities

Hasil tes ini nantinya akan menunjukkan kepribadian Anda serta bidang lapangan pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tersebut. Dalam tes ini, kepribadian akan dibagi menjadi empat, yaitu analyst, diplomats, sentinels, dan explorers.

Analysts merupakan kepribadian yang menonjolkan sifat intuitif dan pemikir. Mereka yang memiliki sifat ini sangat cocok bekerja sebagi arsitek, hingga ilmuwan. Pemilik kepribadian ini merupakan tipe pemimpin andal serta pandai dalam mengemukakan pendapat.

Tipe Diplomats menojolkan sifat intuitif dan empati sehingga mereka terkenal memiliki kemampuan diplomatis yang hebat, empati yang besar, serta idealisme untuk hal-hal yang bersifat sosial. Mereka dengan kepribadian ini cocok bekerja sebagai penasehat, mediator, atau ahli melakukan gerakan sosial.

Sentinels adalah kepribadian dengan kecenderungan suka mengamati dan melakukan penilaian terhadap sekitarnya. Mereka dikenal sebagai sosok yang fokus pada keteraturan, keamanan dan stabilitas. Oleh karena itu, para sentinels biasanya cocok bekerja sebagai ahli logistik, di bidang pertahanan atau perawatan, eksekutif, serta konsultasi.

Terakhir adalah explorers yang memiliki kecenderungan suka mengamati dan kreatif. Kepribadian ini dikenal dengan sifatnya yang spontan dan mampu menghidupkan suasana. Orang-orang dengan kepribadian ini biasanya cocok bekerja di bidang teknik karena memiliki keahlian untuk mengoperasikan beragam peralatan, cocok sebagai seniman, pebisnis, serta bekerja di bidang hiburan.

2. Tes DISC

DISC merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, Conscientious. Sesuai namanya, tes ini akan menilai kepribadian seseorang berdasarkan empat dimensi perilaku seseorang. Tes ini dirancang untuk mengidentifikasi kelebihan seseorang agar tahu bidang-bidang seperti apa yang paling cocok dengan kepribadian mereka.

Sering kali tes ini juga dilakukan di perusahaan agar bisa membangun tim dengan menempatkan individu di posisi yang tepat sesuai dengan kecenderungan kepribadian mereka.

Ada beberapa poin yang dinilai dalam masing-masing aspek perilaku. Dalam aspek dominance, hal yang dinilai meliputi sifat keterbukaan, orientasi pada hasil, kemampuan mengambil keputusan, kompetitif, dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Dalam poin Influnce, yang dinilai adalah seberapa baik Anda memikat orang lain, tingkat antusiasme, optimis, persuasif, serta seberapa menginspirasi Anda bagi orang lain.

Adapun pada poin stediness, yang dinilai adalah seberapa baik Anda mampu memahami orang lain, kemampuan bekerja dalam tim, kesabaran, stabil, dan ketulusan.

Terakhir adalah conscientious yang menilai kemampuan analisis, diplomatis, ketepatan, kepatuhan, dan seberapa objektif Anda dalam menilai sebuah permasalahan.

Jika Anda memahami kecenderungan perilaku berdasarkan tes DISC tersebut, maka Anda akan mengetahui potensi yang Anda miliki sehingga lebih mudah memilih jenjang karir atau jurusan pendidikan selanjutnya.

3. Tes Enneagram

Terakhir adalah tes Enneagram yang bermanfaat untuk memahami motivasi dasar beragam tipe kepribadian yang berbeda sehingga Anda lebih mudah berkomunkasi dan berhubungan dengan individu lain. Setiap orang memiliki ketakutan dan hasrat terpendam yang tidak bisa diidentifikasi dengan mudah.

Di permukaan, kita semua mungkin terlihat berbeda. Namun, pada dasarnya kita semua mencari hal yang sama, yaitu koneksi, keinginan untuk dipahami, didukung, dan diterima. Tes ini berguna untuk mengetahui hal-hal tersebut sehingga Anda bisa memahami diri sendiri dengan lebih baik.

Dalam tipe ini tedapat sembilan jenis kepribadian, antara lain:

  • Idealis yang cenderung perfeksionis, bermotivasi, dan etis;
  • Perawat yang cenderung suka menolong, murah hati, dan hangat;
  • Penampil yang cenderung memikat, ambisius, dan enerjik;
  • Kreatif yang cenderung dramatis dan spontan;
  • Pemikir yang cenderung introspektif, penasaran, dan perenung;
  • Loyalis yang cenderung setia, berhati-hati dan bertanggung jawab;
  • Petualang yang cenderung suka dengan hal-hal yang tidak terduga, praktis, dan menyenangkan;
  • Pelindung menonjolkan sifat percaya diri, berani, dan melindungi, dan
  • Penjaga Kedamaian yang menonjolkan sifat damai, optimis, dan mudah beradaptasi.

Tiga tes di atas bisa menjadi acuan agar Anda dapat memahami diri sendiri dengan lebih baik sehingga membuat perencanaan masa depan seperti memilih jurusan kuliah akan lebih mudah. Itulah mengapa Universitas seperti LP3I melakukan pengelompokan individu berdasarkan minat, bakat, sifat, dan program studinya yang disebut tribe.

Pengelompokan tersebut dapat membantu menunjang masa depan karir Anda nantinya. Tidak heran LP3I berani menjamin lulusannya bisa segera mendapatkan pekerjaan segera setelah lulus. Temukan informasi selanjutnya mengenai minat dan prospek kerja berdasarkan kemampuan dan minat Anda di laman LP3I.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!