fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

5 Daftar Biaya Kuliah di Universitas Swasta Tahun 2020

Daftar biaya kuliah universitas swasta 2020

Ujian Nasional memang telah ditiadakan, namun bukan berarti para siswa kelas 12 Sekolah Menengah Atas bisa bersantai. Pasalnya, kini mereka harus berjuang mencari informasi pendaftaran perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Salah satu hal terpenting yang menjadi pertimbangan dalam mencari universitas adalah program studi atau jurusan yang ditawarkan. Apalagi dengan persaingan dunia kerja yang semakin ketat seperti sekarang, penting kiranya memilih jurusan yang sesuai dengan perkembangan zaman agar bisa segera terjun ke dunia kerja begitu lulus kuliah.

Hal berikutnya yang tak kalah penting dipertimbangkan adalah biaya kuliah, mulai dari masuk hingga lulus nanti. Jalur apa pun yang akan diambil saat daftar ke perguruan tinggi nantinya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu perkiraan biayanya. Sebagai panduan, berikut ini 5 daftar biaya kuliah di Universitas Swasta Tahun 2020.

Baca juga : Tes Kepribadian: Kenali Dirimu dengan Tes Kepribadian Ini!

1. Universitas Telkom Bandung

Universitas yang terletak di kota kembang, Bandung ini menawarkan 7 fakultas yang terdiri dari fakultas Teknik Elektro, Rekayasa Industri, Informatika, Ekonomi & Bisnis, Komunikasi & Bisnis, Industri Kreatif dan Ilmu Terapan.

Biaya pendidikan ini terdiri dari tiga macam pembiayaan antara lain UP3 atau uang pembangunan, SDP2 atau uang sumbangan, dan BPP atau uang semesteran. Jalur seleksi reguler akan dikenakan biaya UP3 antara Rp7 sampai Rp20 juta rupiah, biaya SDP2 antara Rp4 sampai Rp38 juta, dan biaya BPP antara Rp5 sampai Rp20 juta tergantung jurusan yang diambil.

Bagi Anda yang menempuh jalur seleksi undangan seleksi mitra, maka siapkan biaya sekitar Rp7 sampai Rp20 juta untuk UP3, Rp15 sampai Rp38 juta untuk SDP2, dan Rp5 juta sampai Rp20 juta untuk BPP, tergantung jurusan yang diambil.

2. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara menawarkan jurusan dalam beberapa bidang, antara lain akuntansi dan keuangan, seni dan desain, bisnis, komunikasi, komputer, teknik, serta humaniora.

Untuk bisa kuliah di kampus ini, Anda perlu merogoh kantong cukup dalam. Pasalnya, total  biaya kuliah untuk jurusan S1 berkisar antara Rp170 sampai Rp235 juta. Periode belajar di kampus ini juga terbagi dua, yaitu 4 tahun bagi mereka yang mengambil single program dan 5 tahun untuk master track program.

Menariknya, Universitas Bina Nusantara memiliki 7 kampus, antara lain Kampus Syahdan, Kampus Anggrek, Kampus Kijang, Kampus JWC, Kampus Alam Sutera, Kampus Bandung, Kampus Bekasi, dan Kampus Malang.

3. Universitas Dian Nuswantoro

Universitas yang terletak di Semarang, Jawa Tengah ini menawarkan lima fakultas, antara lain Fakultas Ilmu Komputer, Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Kesehatan, dan Teknik.  Untuk mendaftar di kampus ini, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp7,5 hingga Rp15,5 juta. Dana tersebut sudahh termasuk uang sumbangan pengembangan institusi sebesar 50%.

4. Universitas Mercu Buana

Terdapat enam fakultas di Universitas Mercu Buana, antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Seni dan Kreatif, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Psikologi.

Untuk kuliah di universitas ini, Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp18,5 juta untuk uang pangkal dan Rp9,3 juta untuk biaya per semester.

5. LP3I

LP3I menawarkan 5 pilihan program studi antara lain business, marketing, finance, engineering, dan technology. Menariknya, meski berpusat di Jakarta, LP3I memiliki 47 kampus yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga memudahkan siapa saja yang ingin mengenyam pendidikan universitas swasta ini.

Pendaftaran gelombang pertama untuk tahun akademik 2020/2021 sebenarnya sudah dimulai sejak 1 Oktober 2019. Gelombang kedua juga sudah terlewat karena dilaksanakan pada 1 Januari 2020 sampai 31 Maret 2020. Tetapi jangan khawatir, karena masih ada Gelombang ketiga yang dilaksanakan pada 1 April 2020 sampai 30 Juni 2020 dan gelombang empat pada 1 Juli 2020 hingga 30 September 2020.

Biaya pendaftaran langsung di LP3I adalah sebesar Rp350.000,- sedangkan pendaftaran online adalah sebesar Rp250.000,-. Biaya kuliah di kampus ini bervariasi tergantung jurusan yang diambil dan berkisar antara Rp16 juta sampai Rp18 juta rupiah.

Selain memiliki beragam pilihan jurusan, LP3I juga menjamin lulusannya dapat segera bekerja setelah lulus. Hal ini tidak mengherankan mengingat Anda tidak hanya akan mendapatkan pendidikan dan pelatihan langsung, namun semua juga disesuaikan berdasarkan minat dan kemampuan Itulah mengapa LP3I adalah pilihan universitas yang tepat.

Itulah tadi beberapa inforamsi tentang biaya pendaftaran kuliah di beberapa universitas swasta untuk tahun 2020/2021. Sebelum memilih universitas untuk melanjutkan pendidikan Anda, cari tahu terlebih dahulu informasi lebih lanjut di situs universitas tersebut.

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami