fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Pendidikan Akademik dan Vokasi: Lebih Bagus yang Mana?

Shutterstock 1242007600

Seringkali para lulusan SMA bingung menentukan nasib pendidikan selanjutnya, apakah hendak menempuh jalur pendidikan akademik atau vokasi. Banyak orang berpikir bahwa pendidikan sarjana lebih unggul daripada pendidikan vokasi, padahal sebenarnya kedua pendidikan ini memiliki fokus dan tujuan yang berbeda. Jadi, keduanya sama bagusnya, tergantung kebutuhan masing-masing.

Secara garis besar pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pada tujuan mencetak para praktisi yang dibutuhkan di dunia kerja dengan durasi waktu belajar yang singkat. Sedangkan pendidikan akademik lebih berfokus pada pendalaman keilmuan di dalam suatu bidang ilmu dan memiliki durasi masa pendidikan yang lebih lama.

Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan dibagi menjadi 3 kelompok yaitu

1.     Pendidikan Akademik

Pendidikan akademik merupakan pendidikan yang mengutamakan penguasaan pada disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, maupun seni. Jenjang pendidikan yang tersedia pada pendidikan akademik yaitu Strata 1 (S1) yang menghasilkan gelar Sarjana, Strata 2 atau Magister (S2) yang menghasilkan gelar Master, dan Strata 3 atau Doktoral (S3) yang menghasilkan gelar Doktor. Contoh gelar yang didapat pada pendidikan ini yaitu S.Ked, S.Kep, S.T, S.E, S.Farm, dan lainnya.

2.     Pendidikan Vokasi

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mengutamakan penguasaan keahlian terapan tertentu. Jenjang pendidikan pada pendidikan vokasi meliputi Diploma 1 (D1)/Ahli Pratama, Diploma 2 (D2)/Ahli Muda, Diploma 3 (D3)/Ahli Madya, dan Diploma 4 (D4)/Sarjana Terapan. Contoh gelar yang didapat melalui pendidikan ini antara lain A.Md.Kep, A.Md.Keb, Ap.Kom, Ap.Par, A.Md.AK, dan lainnya.

3.     Pendidikan Profesi/Spesialis

Pendidikan profesi merupakan pendidikan berkelanjutan untuk mendapatkan keahlian khusus. Pendidikan profesi hanya bisa ditempuh setelah melalui pendidikan akademik. Contoh gelar yang didapat melalui pendidikan ini yaitu Sp.A, Sp.KK, Apt, Ns, dan lainnya.

Bagi kamu yang baru lulus SMA, jalur pendidikan yang bisa kamu pilih adalah jalur pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Pendidikan akademik lebih berfokus pada penguasaan keilmuan, penelitian dan inovasi di bidang ilmu tertentu, sedangkan pendidikan vokasi lebih berfokus pada penguasaan skill tertentu yang relevan dengan dunia kerja.

Baca juga : Keistimewaan Pendidikan Vokasi

Kedua pendidikan tersebut memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda, oleh karena itu keduanya tidak bisa dibandingkan dan dipilih lebih bagus yang mana. Semuanya tergantung dari kebutuhan dan cita-cita masing-masing individu.

Jika kamu ingin mendalami suatu ilmu dan suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan penelitian dan inovasi, maka pendidikan akademik lebih cocok untukmu. Sedangkan jika kamu lebih menyukai hal-hal yang berbau teknis dan ingin langsung memiliki skill yang dapat digunakan di dunia kerja, maka pendidikan vokasi bisa menjadi pilihan terbaikmu. Secara garis besar, berikut cara mudah memilih pendidikan di antara keduanya:

Pilih Pendidikan Vokasi jika kamu:

1.      Ingin memiliki skill di bidang tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja

2.      Ingin segera bekerja dan tidak ingin terlalu lama duduk di bangku kuliah untuk mendalami bidang ilmu tertentu

3.      Lebih senang mempelajari ilmu yang bersifat praktikal dan aplikatif

Pilih Pendidikan Akademik jika kamu:

1.      Ingin memiliki gelar profesi

2.      Ingin menjadi akademisi  atau peneliti

3.      Suka terhadap hal-hal yang berkaitan dengan penelitian dan inovasi

4.      Senang mendalami suatu bidang ilmu secara detil

5.      Ingin mencoba kesempatan yang lebih luas misalnya melanjutkan ke jenjang pendidikan profesi atau spesialis

Bagaimana, sudah cukup jelas kan perbedaan antara keduanya? Masih bingung memilih mana yang lebih bagus di antara keduanya? Enggak dong, ya. Jika kamu ternyata berminat terhadap pendidikan vokasi, pastikan kamu memilih institusi pendidikan yang kredibel dan berkualitas.

Salah satu institusi pendidikan vokasional yang telah terbukti bagus dan tepercaya adalah LP3I. Di LP3I tersedia banyak pilihan program studi yang bisa kamu pilih. Selain itu, LP3I juga memungkinkan kamu mendapatkan keahlian tertentu dalam masa kuliah yang singkat. Selain cepat, kamu juga bisa menghemat biaya. Tertarik untuk bergabung di LP3I? Kunjungi laman resmi LP3I Indonesia di https://www.lp3i.ac.id atau hubungi +62 812-9078-0050.

Shutterstock 177371381
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami