fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tingkatkan Skill Sesuai Perkembangan Teknologi Industri melalui Pelatihan Vokasi

Shutterstock 1443613715

Perkembangan teknologi industri melaju sedemikian cepat seiring dengan perkembangan teknologi secara umum. Perkembangan ini menimbulkan berbagai perubahan, serta memunculkan berbagai profesi baru. Perkembangan dan kemajuan ini tentu harus disikapi secara proaktif oleh para generasi muda.

Para generasi muda harus meningkatkan skill dan kemampuan agar dapat beradaptasi dan bekerja sesuai dengan tuntutan perkembangan teknologi industri saat ini. Salah satu cara untuk memenuhi tuntutan ini yaitu melalui pelatihan vokasi. Mengapa pelatihan vokasi? Yuk, simak bagaimana pelatihan vokasi bisa membantu meningkatkan skill kamu.

1.      Pelatihan Vokasi Dirancang untuk Memberikan Keahlian Khusus

Pelatihan vokasi merupakan pendidikan yang dirancang untuk memberikan keahlian khusus kepada mahasiswanya. Ada beragam jurusan yang memberikan ilmu dan latihan khusus sehingga lulusannya mampu memiliki skill yang dapat digunakan di dunia kerja yang saat ini sangat dipengaruhi perkembangan teknologi industri.

Beberapa jenis pelatihan vokasi yang memberikan skill yang aplikatif dan sedang tren saat ini, antara lain Digital Marketing, Web Design, Digital Office Administration, Mikrotik, Graphic Design, Computer for Office Administration, UI/UX, dan Accounting for Business. Jurusan tersebut tersedia di LP3I. LP3I merupakan institusi pendidikan vokasi yang telah berpengalaman di bidang bisnis dan teknologi selama lebih dari 30 tahun.

2.      Pelatihan Vokasi Disajikan dalam Kurikulum Berbasis Praktik

Pelatihan vokasi memiliki tujuan utama membuat lulusannya memiliki kemampuan khusus yang dapat digunakan di dunia kerja. Jadi, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum berbasis praktik. Contohnya, di LP3I sekitar tujuh puluh persen materi merupakan materi praktikum, sedangkan tiga puluh persen lainnya merupakan materi dasar teori.

3.      Pelatihan Vokasi Berbasis Kebutuhan Masa Kini

Pelatihan vokasi dirancang untuk mengikuti perkembangan teknologi industri, oleh karena itu banyak program studi baru yang bermunculan menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Beberapa contoh pelatihan vokasi yang sedang tren di era digital saat ini antara lain:

a.       Digital Marketing

Pelatihan vokasi ini akan mengajarkan tentang penggunaan teknologi digital, internet, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan proses pemasaran melalui dunia digital.

b.       Digital Office Administration

Pelatihan vokasi ini akan mengajarkan tentang bagaimana cara mengelola administrasi perusahaan secara benar dan efektif dengan menggunakan teknologi. Selain itu juga pada pelatihan ini juga diajarkan bagaimana cara perusahaan menghadapi persaingan di era digital.

c.       Graphic Design

Pelatihan vokasi ini mengajarkan konsep, cara membangun ide atau gagasan, media, cara membangun data dan visualisasi melalui perangkat lunak. Tujuan utamanya yaitu membuat para peserta didik mampu menghasilkan karya visual menggunakan perangkat lunak berbasis vektor maupun raster.

d.       Web Design

Pelatihan vokasi ini mengajarkan bagaimana membangun dan merancang sebuah situs atau website berbasis Html, Javascript, Css. Selain itu pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana mengoperasikan program aplikasi web editor.

e.       Mikrotix

Pelatihan vokasi ini akan mengajarkan bagaimana mengelola penggunaan router, memahami bagaimana cara kerja router OS  dan router board, serta bagaimana mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan router dan peralatan mikrotik.

f.        UI/UX

Pelatihan vokasi ini akan mengajarkan bagaimana merancang tampilan interface aplikasi serta bagaimana cara pengelolaannya. Selain itu, pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana menyusun perangkat lunak yang bermanfaat serta mudah dijalankan oleh para penggunanya.

g.       Accounting for Business

Pelatihan vokasi ini akan mengajarkan tentang bagaimana memahami siklus akuntansi, siklus operasional layanan, operasi manufaktur dan perdagangan berbasis acuan aturan akuntansi secara umum.

h.      Computer for Office Administration

Pelatihan ini mengajarkan bagaimana mengelola keperluan administrasi kantor. Beberapa hal teknis yang dipelajari pada program ini antara lain cara mengoperasikan computer, cara menggunakan Microsoft Excel, menyusun laporan, membuat surat kedinasan, dan membuat materi presentasi.

4.      Pelatihan Vokasi Bersifat Aplikatif

Pelatihan vokasi dianggap mampu membantu menyiapkan sumber daya manusia yang mampu mengikuti perkembangan teknologi industri karena kurikulumnya bersifat aplikatif. Materi yang diajarkan merupakan materi praktis yang memudahkan peserta didik memiliki skill khusus di bidang yang dipilihnya.

5.      Pelatihan Vokasi Diajarkan oleh Para Dosen Berpengalaman

Pendidikan di pelatihan vokasi diberikan oleh para dosen berpengalaman. Mereka tidak hanya mumpuni secara teori, namun juga sangat menguasai praktik karena mereka juga merupakan praktisi.

6.      Pelatihan Vokasi dapat Ditempuh dalam Waktu Singkat

Pelatihan vokasi membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama. Waktu belajar yang singkat ini tentu sangat relevan dengan perkembangan teknologi industri yang melaju sedemikian cepatnya. Dengan waktu belajar yang singkat, pelatihan vokasi mampu mencetak sumber daya manusia yang siap bekerja di era modern dan digital saat ini.

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti pelatihan vokasi? Yuk, kunjungi laman LP3I Indonesia di https://www.lp3i.ac.id/ atau hubungi kami di +62 812-9078-0050.


Hubungi Kami

Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami