fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Kenalan Lebih Jauh dengan Pendidikan Vokasi, Yuk!

Shutterstock 762659602

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mencetak lulusan siap kerja. Inilah mengapa pendidikan vokasi masih sangat diminati hingga saat ini. Pendidikan vokasi menjadi pilihan utama bagi para generasi muda yang ingin segera lulus dan masuk ke dunia kerja. Ingin tahu lebih jauh tentang pendidikan vokasi dan keunggulannya? Yuk, simak ulasan berikut ini:

1.      Pendidikan Vokasi Lebih Mengutamakan Skill

Pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pada skill atau kemampuan mahasiswa agar siap kerja ketika lulus. Kurikulum dalam pendidikan vokasi didominasi oleh pembelajaran praktikum yang relevan dengan dunia kerja. Penerapan kurikulum inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pendidikan vokasi mampu mencetak lulusan yang siap kerja dan diterima pasar.

Dunia kerja sangat membutuhkan para lulusan pendidikan vokasi karena mereka dibekali ilmu dan kemampuan yang langsung dapat diterapkan di dunia kerja. Hal ini tidak terlepas dari kurikulum pendidikan vokasi yang mengharuskan mahasiswanya lebih banyak terjun ke dunia praktikum, baik di dalam institusi maupun di luar institusi pendidikan.

2.      Pendidikan Vokasi Belajarnya Singkat

Belajar di pendidikan vokasi juga membutuhkan waktu yang relatif singkat. Kamu bisa memilih jurusan dengan masa belajar yang berbeda-beda, mulai dari satu semester yang berupa kursus, hingga 3 tahun pada program studi Diploma 3.

Waktu belajar yang singkat ini dikarenakan pada pendidikan vokasi diterapkan kurikulum yang padat. Kurikulum yang padat ini mencakup mata kuliah teori dan praktik yang berkesinambungan untuk mencetak lulusan yang siap kerja dan profesional.

Waktu kuliah yang singkat ini tentu membuat kamu cepat lulus sekaligus berpeluang cepat mendapat kerja. Selain itu, dengan waktu kuliah yang singkat, kamu juga dapat menghemat biaya kuliah.

3.      Pelajaran di Pendidikan Vokasi Lebih Aplikatif

Meskipun masa kuliah di pendidikan vokasi relatif singkat, namun mata kuliah yang diajarkan sangatlah aplikatif dan dibutuhkan di dunia kerja. Selain itu institusi pendidikan vokasi biasanya juga memiliki rekanan institusi atau perusahaan mitra yang bekerjasama sebagai tempat praktik atau magang para mahasiswa.

Pengalaman praktik langsung di instansi mitra tersebut tentu memberikan pengalaman yang luar biasa sekaligus memberikan latihan kepada mahasiswa tentang bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya. Pengalaman ini sekaligus menjadi bekal bagi para mahasiswa agar nantinya tidak merasa canggung ketika memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

4.      Diajar Para Dosen yang Berpengalaman

Di dalam pendidikan vokasi, kamu juga akan diajar oleh para dosen yang berpengalaman. Berpengalaman di sini maksudnya yaitu  para dosen tersebut biasanya merupakan praktisi dan memiliki pengalaman yang mumpuni di dunia kerja. Ilmu dan pengalaman dari para dosen ini tentu akan sangat bermanfaat untuk membantu para mahasiswa mencapai tujuannya untuk segera lulus dengan skill yang mumpuni dan diterima di dunia kerja.

5.      Memiliki Mitra Kerjasama Penyaluran Lulusan

Beberapa pendidikan vokasi menerapkan kerja sama dengan para mitra untuk penyaluran lulusan sehingga para lulusan langsung bisa mendapatkan kerja begitu mereka lulus. Salah satu contoh pendidikan vokasi yang menerapkan sistem ini adalah LP3I. LP3I memiliki mitra kerja sama dengan beberapa instansi ternama seperti  Trans Studio Mini, Bank Mandiri, Bank Bukopin, Bank BTPN, Walls, Kimia Farma, Serafood, Ramayana, BCA finance, BFI Finance, Hotel Santika Indonesia, dan masih banyak rekanan lainnya.

Dengan adanya mitra penempatan kerja tersebut, lulusan pendidikan vokasi tidak perlu kesulitan mencari kerja karena sudah ada perusahaan atau insta nsi yang membutuhkan skill mereka. Jadi ketika lulus, sudah ada instansi yang siap menerima mereka bekerja. Sangat menarik kan?.

Selain itu, jika setelah bekerja kamu ingin meningkatkan jenjang karir dengan meningkatkan jenjang pendidikan, kamu bisa menggunakan ijazah pendidikan vokasimu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi melalui program pendidikan alih jenjang atau ekstensi.

Demikian beberapa hal menarik terkait pendidikan vokasi. Bagaimana, tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pendidikan vokasi? Kunjungi laman LP3I Indonesia  di https://www.lp3i.ac.id/atau kontak di +62 812-9078-0050.

10 Tips Cerdas Memilih Perguruan Tinggi Swasta 2020 - Blog 1
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami