fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Ini Jurus Jitu Pendidikan Vokasi agar Dapat Cetak Milenial Tangguh

Shutterstock 1094366636

Perkembangan dunia digital saat ini membuat perkembangan dunia usaha juga berkembang semakin pesat. Perkembangan ini tentu harus dihadapi oleh para milenial. Diperlukan milenial yang tangguh dalam menghadapi persaingan yang makin ketat di dalam dunia kerja saat ini.

Untuk menjadi milenial tangguh yang sanggup bersaing di era modern saat ini, kamu bisa kuliah di pendidikan vokasi. Mengapa pendidikan vokasi? Karena pendidikan vokasi memiliki beberapa jurus jitu untuk mencetak milenial tangguh. Penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasannya.

1.   Pendidikan Vokasi Menyediakan Program Studi dengan Skill Kekinian

Institusi pendidikan vokasi selalu dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dan pesatnya dunia usaha. Beberapa program studi baru juga diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di pasar dunia kerja.

Sebagai contoh di era saat ini kebutuhan terhadap desain grafis sangatlah tinggi mengingat hampir setiap orang menjadi pengguna internet. Secara psikologis para pengguna internet lebih tertarik terhadap gambar visual yang atraktif, sehingga kebutuhan terhadap desain grafis sangat tinggi.

Program studi lain yang sedang tren dan dibutuhkan di era digital saat ini adalah UX dan UI. UX berfokus pada bagaimana sebuah produk bisa diterima atau menjadi problem solving untuk pengguna. Sedangkan UI berfokus pada bagaimana penampilan atau tata letak suatu website atau aplikasi sehingga mudah diterima oleh pengguna.

Keilmuan praktis dan kekinian ini bisa kamu pelajari di institusi pendidikan vokasi. Salah satu institusi yang menyediakan program studi untuk UX, UI, dan desain grafis adalah LP3I. Di LP3I selain ketiga program studi di atas, masih banyak lagi program studi vokasi yang memberikan keterampilan lain yang dibutuhkan dunia kerja.

2.  Pendidikan Vokasi Memberikan Perkuliahan dengan Dominasi Praktikum

Pendidikan vokasi mampu mencetak milenial tangguh di era modern dan digital saat ini dengan cara menerapkan kurikulum yang lebih didominasi oleh praktikum. Di LP3I contohnya, sekitar 70 persen dari total mata kuliah yang diberikan merupakan praktikum. Hal ini dilakukan dalam rangka memberikan skill yang memadai untuk para mahasiswa.

Praktikum yang dilakukan tidak hanya di dalam institusi pendidikan saja, melainkan juga terjun langsung di perusahaan atau instansi yang merupakan mitra kerja dengan institusi pendidikan.

3.    Pendidikan Vokasi Memberikan Kesempatan Magang

Selain jumlah jam mata kuliah praktikum yang lebih panjang, di dalam pendidikan vokasi juga terdapat kesempatan magang. Magang di perusahaan atau instansi mitra tentu akan memberikan pengalaman langsung yang berharga. Hal ini sekaligus memberi bekal pengalaman bagi para peserta didik agar tidak kaget atau canggung ketika memasuki dunia kerja.

Kesempatan magang ini tidak hanya mampu meningkatkan kemampuan dan keahlian bekerja, namun juga memberikan kesempatan belajar beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

4.    Pendidikan Vokasi Hanya Memerlukan Waktu Belajar yang Singkat

Dunia industri dan usaha berkembang sedemikian cepat karena perkembangan teknologi dan informasi. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa pendidikan vokasi sangat relevan dengan perkembangan dunia usaha saat ini.

Durasi masa belajar yang singkat merupakan salah satu keuntungan bagi para milenial untuk bisa segera lulus dan bekerja. Masa belajar yang tidak terlalu lama namun mampu menghasilkan lulusan yang siap kerja merupakan salah satu jurus jitu pendidikan vokasi dalam mencetak generasi milenial yang tangguh.

5.    Pendidikan Vokasi Memiliki Mitra Penyaluran Kerja

Pendidikan vokasi juga memiliki mitra penyaluran kerja. Mitra yang digandeng merupakan perusahaan atau instansi yang nantinya dapat menampung para lulusan pendidikan vokasi untuk bekerja di instansi mereka. Contohnya di LP3I, mereka memiliki mitra penyaluran kerja seperti Walls, Ramayana, Trans Studio Mini, Bank Mandiri, Bank Bukopin, Hotel Santika Indonesia dan masih banyak rekanan lainnya.

Para mitra ini dapat menjadi lahan praktikum magang, maupun menjadi wadah yang mampu menyerap para lulusan pendidikan vokasi di Lp3I. Demikian ulasan tentang bagaimana pendidikan vokasi mampu mencetak generasi milenial yang tangguh. Bagaimana, tertarik dengan pendidikan vokasi? Yuk kunjungi laman resmi LP3I Indonesia di https://www.lp3i.ac.id atau hubungi di +62 812-9078-0050.

Shutterstock 675391015
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
× Chat dengan Kami