fbpx
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Industri 4.0, Pendidikan Vokasi Menjadi Penting

Shutterstock 327889763

Perkembangan dunia industri semakin berkembang dari masa ke masa. Saat ini kita telah memasuki era revolusi industri 4.0 yaitu era di mana terjadi perubahan besar-besaran dan radikal pada cara manusia memproduksi barang dan jasa. Hal ini tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi dan informasi.

Coba deh kamu ingat beberapa tahun silam bagaimana pola orang berbelanja, masih manual datang ke toko atau pusat perbelanjaan kan? Sekarang, orang mulai beralih belanja online karena lebih mudah dan praktis. Inilah salah satu contoh perubahan besar yang terjadi di era industri 4.0.

Contoh lainnya, dulu orang mengandalkan baliho, leaflet atau selebaran untuk mempromosikan sesuatu. Seiring dengan perkembangan dunia digital saat ini, maka orang mulai beralih beriklan melalui website, Facebook ads, Instagram ads, Google ads, dan cara beriklan daring lainnya.

Untuk menghadapi era industri 4.0 yang sedemikian canggih dan cepat , maka dibutuhkan pendidikan yang mampu menyediakan sumber daya manusia yang mampu menghadapi tantangan di era industri 4.0 ini. Pendidikan yang mampu melakukan hal ini adalah pendidikan vokasi.

Mengapa pendidikan vokasi sangat penting di era industri 4.0 ini? Yuk, simak ulasannya.

1.      Pendidikan Vokasi Mampu Mencetak Generasi Siap Kerja

Pendidikan vokasi sangat dibutuhkan perannya di era industri 4.0 karena mampu mencetak generasi muda yang siap kerja. Di era industri 4.0 banyak posisi penting yang dapat diisi oleh orang yang tidak memiliki ijazah pendidikan tinggi namun memiliki skill yang mumpuni, misalnya animator, desain grafis, web developer, dan lainnya.

Skill dan portofolio mereka jauh lebih penting dalam penerimaan kerja, dibanjing label yang tertera pada ijazah. Jika kamu cermati, saat ini banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen pegawai dengan persyaratan uji skill dan penilaian portofolio, tanpa mensyaratkan ijazah.

Pendidikan vokasi mampu menjadi jalan mudah bagi para generasi muda yang ingin mendapatkan skill yang mumpuni karena kurikulumnya memang dirancang untuk meningkatkan kemampuan di suatu bidang tertentu.

2.      Pilihan Program Studi yang Bervariatif dan Kekinian

Pendidikan vokasi memiliki beragam program studi yang mampu memberikan skill yang relevan dengan perkembangan industri 4.0. Beberapa program studi yang dibutuhkan di era tersebut antara lain UX/UI, web design, desain grafis, mikrotik, dan lainnya.

Program studi tersebut mampu menghasilkan lulusan yang mampu bekerja di berbagai bidang yang dibutuhkan di era industri 4.0. Lulusan pendidikan vokasi ini sudah disiapkan secara fisik dan mental untuk memasuki dunia kerja.

3.      Waktu Belajar yang Singkat

Waktu belajar di dalam pendidikan vokasi juga relatif singkat. Untuk program kursus pendek hanya membutuhkan masa belajar sekitar 6 bulan atau satu semester, sedangkan untuk program diploma membutuhkan masa belajar bervariasi mulai 1 tahun hingga 3 tahun, tergantung jenjang diploma yang diambil.

Waktu belajar yang singkat ini tentu memberikan peluang bagus bagi para generasi muda yang telah memiliki skill agar bisa segera masuk ke dunia kerja.

4.      Praktikum yang Dapat Mengasah Kemampuan Peserta Didik

Peran pendidikan vokasi di industri 4.0 sangatlah penting, karena pada sistem pendidikan ini menerapkan jam mata kuliah praktikum yang lebih panjang dibanding mata kuliah teori. Durasi praktikum yang panjang ini mampu mencetak lulusan dengan skill yang mumpuni di bidangnya.

Praktikum yang dilakukan juga didampingi para pengajar yang profesional dan berpengalaman. Hal ini tentu membantu mahasiswa lebih mudah memahami dan menguasai praktikum. Perkuliahan praktikum tidak hanya dilakukan di dalam intitusi pendidikan, melainkan juga di luar institusi. Praktikum di luar institusi biasanya dilaksanakan di tempat mitra atau instansi luar yang bekerja sama dengan institusi pendidikan. Contohnya LP3I memiliki kemitraan dengan berbagai bank ternama di Indonesia, Walls, Trans Studio Mini, Hotel, Ramayana, dan mitra lainnya.

5.      Kesempatan Magang

Kesempatan magang ketika masa pendidikan vokasi juga memberikan kesempatan bagi para peserta didik untuk mendalami ilmunya lebih baik lagi. Di dalam program magang, peserta didik tidak hanya mampu melakukan praktik secara langsung di dunia kerja, namun juga belajar bagaimana beradaptasi dengan lingkungan kerja sesungguhnya.

Demikian ulasan tentang pentingnya peran pendidikan vokasi di era industri 4.0. Jika kamu tertarik dengan pendidikan vokasi, silakan kunjungi laman https://www.lp3i.ac.id atau hubungi kami di +62 812-9078-0050.

Shutterstock 1055563928
Share
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Trending

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Diknas Sm
Diknas Lg
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami