fbpx
icon tentang kami

Tentang kami

Tentang LP3I

Apa itu LP3I?

Institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi yang sudah ada di Indonesia sejak 32 tahun yang lalu. LP3I memiliki dua jenis sub-institusi yaitu College yang menaungi Pendidikan 2 Tahun Siap Kerja dan Politeknik yang menaungi pendidikan jenjang D3 & D4. Saat ini LP3I terdapat di 45 titik dan tersebar di hampir semua provinsi seluruh Indonesia.

Apa itu pendidikan vokasi?

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya.

Pendidikan vokasi di LP3I seperti apa?

Pendidikan di LP3I memiliki fokus kepada latihan berbasis praktek (70% praktek, 30% teori) dan penempatan kerja. Program penempatan kerja kami salah satu yang terbaik di Indonesia. Di LP3I, mahasiswa berkualitas yang performanya sesuai persyaratan akan dibantu penempatan kerja hingga duduk di perusahaan.

Sambutan

syahrial yusuf

DR. H. M. Syahrial Yusuf, SE, MBA, MM
Pembina Yayasan

Bahagia sekali rasanya kami bisa berada di tengah anda untuk menghadirkan sekelumit informasi mengenai lembaga pendidikan kami, yang selama ini telah turut membantu ribuan lulusannya meraih cita-cita menjadi profesional dibidangnya masing-masing.

Kami merasa bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi ini seluas-luasnya agar anda, para generasi muda , tidak keliru dalam menentukan pilihan tempat belajar lanjutan pasca SMA/K, yang kami inginkan agar anda mendapatkan pendidikan terbaik yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya dalam pengembangan karir anda dan tentunya juga, peningkatan kualitas hidup Anda.

Sebagai pelopor pendidikan profesi di Indonesia, yaitu pendidikan yang berorientasi dunia kerja tanpa meninggalkan kaidah-kaidah akademis, kami terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara menyesuaikan kurikulum dengan mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia kerja. Itulah yang menyebabkan daya saing lulusan LP3I di mata perusahaan selama ini tetap tinggi dan sulit untuk ditiru oleh lembaga lain.

Era globalisasi sudah kita lalui, persaingan untuk terjun kedunia kerja akan semakin keras, kami siap menghadapinya! Bagaimana dengan anda?

muhammda aghnia

Muhammad Aghnia Syahputra B.Buss, M.Comm
Ketua Yayasan

Assalamu’alaikum, Wr., Wb.,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya-lah kita masih diberi kesehatan dan dapat bergabung dengan keluarga besar LP3I.

Di zaman yang serba cepat dan hyper competitive ini, persaingan di dunia industri memaksa kita untuk terus berinovasi dan berevolusi. Semuanya bisa kita lihat dengan perkembangan perusahaan – perusahaan ataupun pekerjaan yang mungkin tidak ada sepuluh tahun yang lalu, tentunya, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kita sebagai insan manusia untuk terus bisa beradaptasi mengembangkan skill, kompetensi dan keilmuan kita diberbagai bidang, karena sejatinya di belakang setiap perkembangan teknologi ada sebuah proses kreatif yang datang dari gagasan – gagasan kita.

Untuk itu kami LP3I sebagai lembaga pendidikan berkomitmen untuk terus membuka diri kami akan hal – hal baru yang terjadi pada dunia industri, pendidikan, untuk terus beradaptasi sehingga kami dapat menyediakan wadah pendidikan yang dapat membentuk insan – insan yang berkompeten, kreatif, dinamis dan berakhlak mulia.

Mari, bersama LP3I menyongsong dinamika perubahan zaman, mempersiapkan diri untuk menghadapinya dan membangun pendidikan vokasi Indonesia.

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamu’alaikum, Wr., Wb.

mahanugra kinzana
Mahanugra Kinzana
Chief Executive Officer (CEO)

Assalamu’alaikum, Wr., Wb.,

Dunia saat ini berkembang sangat pesat, begitu juga dengan dunia pendidikan vokasi yang harus terus berinovasi dengan menciptakan berbagai program sehingga akan terlahirnya sumber daya manusia yang mumpuni agar dapat menghadapi massive nya perubahan. Kini untuk menunjang sumber daya manusia yang berkompeten tidak hanya berfokus pada hardskill dan softskill saja namun juga attitude.

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang #beranipunyaskill maka LP3I senantiasa berkomitmen dalam mewujudkan kontribusi nyata dalam membangun pendidikan di Indonesia dengan menyelenggarakan lembaga pendidikan yang berkualitas sehingga tercipta sumber daya manusia yang profesional, beriman dan bertaqwa yang mampu bersaing di dunia kerja. Disamping itu LP3I juga menciptakan insan yang memiliki kemampuan berwirausaha sehingga nantinya mampu tercipta lapangan kerja baru bagi generasi muda Indonesia.

LP3I akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan terus dikembangkan dan dimaksimalkan untuk dapat mengikuti perubahan zaman.

Mari menghadapi perubahan dan berkembang bersama LP3I untuk menjadi insan yang siap bekerja dan #beranipunyaskill.

Wassalamu’alaikum, Wr., Wb.

Sejarah LP3I

Fenomena tidak tertampungnya lulusan pendidikan tinggi, di dunia kerja bukan cerita milik era tahun 2000-an saja. Bila dirunut ke belakang, sebenarnya gejala tersebut sudah mulai muncul ke permukaan sekitar dua puluh tahun sebelumnya. Semakin hari semakin meresahkan masyarakat yang mengalami langsung. Namun hingga menjelang akhir 1980- an, belum ada tanda-tanda pihak yang merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah tersebut, baik pemerintah maupun swasta.

Atas dasar itulah, maka Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 Maret 1989 dengan cabang pertama di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Selanjutnya, bermula dari program kursus 6 bulan, LP3I kemudian mengembangkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan profesi (1-2 tahun), yang berorientasi dunia kerja.

Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat pun semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibukota saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka cabang-cabang hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melalui kerjasama transfer kredit dan konversi materi ajar.

Visi

Menjadi lembaga pendidikan yang terus menerus menyelaraskan kualitas pendidikannya dengan kebutuhan dunia kerja dalam pembentukan sumber daya manusia yang profesional, beriman dan bertaqwa.

Misi

  1. Mencetak sumber daya manusia yang siap kerja dengan kemampuan yang terampil dan profesional.
  2. Membentuk kepribadian sumber daya manusia yang memiliki jiwa dan kemampuan berwirausaha.
  3. Membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur.
  4. Membangun jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan industri serta asosiasi profesi di dalam dan luar negeri.
  5. Memiliki netwoking melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Menjadi lembaga pendidikan terbaik dengan kualitas berstandar internasional.
  7. Memiliki jaringan di dalam dan luar negeri.
  8. Menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya dan bermanfaat bagi masyarakat.
  9. Memberikan kesejahteraan dan rasa aman bagi karyawan dan keluarganya.

Apa itu Tribe?

Tribe adalah pengelompokkan individu berdasarkan minat, bakat, sifat dan program studi di LP3I yang bisa menunjang masa depan karir kamu karena pemilihan bidang studi yang tepat untuk didalami dan dijalankan nanti ketika bekerja. Yuk, tentukan tribe yang paling tepat untuk kamu. Jangan sampai salah pilih ya!

Kenapa penting untuk tahu Tribe kamu yang mana?

Dengan memahami Tribe apa yang cocok, kamu akan lebih semangat belajar karena dasarnya sudah suka pada topik pelajarannya. Pada dasarnya kalau kamu suka pada topik pelajarannya, memahami konsep – konsep ilmu didalamnya menjadi sangat mudah. Setelah lulus pada saat di dunia kerja, kamu juga akan lebih cepat berhasil membangun karir karena skill yang didapat selama belajar sesuai dengan minat dan bakatmu.

Tribe Business adalah untuk kamu yang memiliki minat dalam mengelola manajemen perkantoran, mengelola sebuah usaha dengan visi dan misi yang kuat, serta berani mengambil resiko.

Biasanya, anggota dari Tribe Business ini memiliki bakat dalam mengelola manajemen tim atau proyek, handal dalam membaca pasar, pandai memanfaatkan kesempatan serta celah bisnis, dan juga mudah bergaul dengan orang lain!

Cocok dengan kamu kah?

Tribe Marketing adalah untuk kamu yang memiliki minat dalam memasarkan sebuah jasa atau produk, mengelola komunikasi dari sebuah usaha, serta bernegosiasi untuk memberi dampak yang baik bagi sesama.

Biasanya, anggota dari Tribe Marketing ini memiliki bakat dalam membaca pasar, pandai memanfaatkan kesempatan serta celah dalam negosiasi, tidak pernah berhenti untuk selalu membuat dirinya terkoneksi dengan dunia dan tidak mau tertinggal dengan tren atau isu yang sedang hangat,

Cocok dengan kamu kah?

Tribe Engineering adalah untuk kamu yang antusias dengan hal yang bersifat mekanikal.

Dan biasanya, individu yang tergolong di Tribe ini, adalah menciptakan sebuah produk yang bisa membantu orang lain memecahkan suatu masalah. Tentunya, anak Engineering suka berpikir teknis dan teliti.

Cocok dengan kamu kah?

Tribe Finance adalah untuk kamu yang memiliki minat dalam mengatur arus kas, mencari solusi dan memecahkan masalah melalui pengelolaan keuangan yang baik.

Biasanya, anggota dari Tribe Finance ini memiliki bakat dan menyukai angka dan data, mementingkan kualitas daripada kecepatan dan tentunya paling jago untuk membagi jumlah tagihan di restoran kalau lagi nongkrong bareng.

Cocok dengan kamu kah?

Kenapa harus LP3I?

Kenapa
harus
LP3I?

Id Card

Pendidikan yang berbasis keahlian & ketrampilan

meja tentang kami

Terbiasa dengan dunia kerja

pallete tentang kami

Mendapatkan pembekalan hard skill & soft skill untuk dunia kerja

pesawat tentang kami

Dibantu penempatan kerja setelah lulus

Apa itu LP3I?

Institusi pendidikan vokasi bisnis dan teknologi yang sudah ada di Indonesia sejak 32 tahun yang lalu. LP3I memiliki dua jenis sub-institusi yaitu ​College yang menaungi Pendidikan 2 Tahun Siap Kerja dan Politeknik yang menaungi pendidikan jenjang D3 & D4. Saat ini LP3I terdapat di 45 titik dan tersebar di hampir semua provinsi seluruh Indonesia.

Apa itu pendidikan vokasi?

Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan. Lulusan pendidikan vokasi akan mendapatkan gelar vokasi/gelar ahli madya.

Pendidikan vokasi di LP3I seperti apa?

Pendidikan di LP3I memiliki fokus kepada latihan berbasis praktek (70% praktek, 30% teori) dan penempatan kerja. Program penempatan kerja kami salah satu yang terbaik di Indonesia. Di LP3I, mahasiswa berkualitas yang performanya sesuai persyaratan akan dibantu penempatan kerja hingga duduk di perusahaan.

syahrial yusuf

DR. H. M. Syahrial Yusuf, SE, MBA, MM
Pembina Yayasan

Bahagia sekali rasanya kami bisa berada di tengah anda untuk menghadirkan sekelumit informasi mengenai lembaga pendidikan kami, yang selama ini telah turut membantu ribuan lulusannya meraih cita-cita menjadi profesional dibidangnya masing-masing.

Kami merasa bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi ini seluas-luasnya agar anda, para generasi muda , tidak keliru dalam menentukan pilihan tempat belajar lanjutan pasca SMA/K, yang kami inginkan agar anda mendapatkan pendidikan terbaik yang dapat dimanfaatkan sepenuhnya dalam pengembangan karir anda dan tentunya juga, peningkatan kualitas hidup Anda.

Sebagai pelopor pendidikan profesi di Indonesia, yaitu pendidikan yang berorientasi dunia kerja tanpa meninggalkan kaidah-kaidah akademis, kami terus-menerus meningkatkan kualitas pendidikan dengan cara menyesuaikan kurikulum dengan mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia kerja. Itulah yang menyebabkan daya saing lulusan LP3I di mata perusahaan selama ini tetap tinggi dan sulit untuk ditiru oleh lembaga lain.

Era globalisasi sudah kita lalui, persaingan untuk terjun kedunia kerja akan semakin keras, kami siap menghadapinya! Bagaimana dengan anda?

muhammda aghnia

Muhammad Aghnia Syahputra B.Buss, M.Comm                                  Ketua Yayasan

Assalamu’alaikum, Wr., Wb.,

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan karunia-Nya-lah kita masih diberi kesehatan dan dapat bergabung dengan keluarga besar LP3I.

Di zaman yang serba cepat dan hyper competitive ini, persaingan di dunia industri memaksa kita untuk terus berinovasi dan berevolusi. Semuanya bisa kita lihat dengan perkembangan perusahaan – perusahaan ataupun pekerjaan yang mungkin tidak ada sepuluh tahun yang lalu, tentunya, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kita sebagai insan manusia untuk terus bisa beradaptasi mengembangkan skill, kompetensi dan keilmuan kita diberbagai bidang, karena sejatinya di belakang setiap perkembangan teknologi ada sebuah proses kreatif yang datang dari gagasan – gagasan kita.

Untuk itu kami LP3I sebagai lembaga pendidikan berkomitmen untuk terus membuka diri kami akan hal – hal baru yang terjadi pada dunia industri, pendidikan, untuk terus beradaptasi sehingga kami dapat menyediakan wadah pendidikan yang dapat membentuk insan – insan yang berkompeten, kreatif, dinamis dan berakhlak mulia.

Mari, bersama LP3I menyongsong dinamika perubahan zaman, mempersiapkan diri untuk menghadapinya dan membangun pendidikan vokasi Indonesia.

Wabillahi taufik walhidayah,

Wassalamu’alaikum, Wr., Wb.

mahanugra kinzana

Mahanugra Kinzana
Chief Executive Officer (CEO)

Assalamu’alaikum, Wr., Wb.,
Dunia saat ini berkembang sangat pesat, begitu juga dengan dunia pendidikan vokasi yang harus terus berinovasi dengan menciptakan berbagai program sehingga akan terlahirnya sumber daya manusia yang mumpuni agar dapat menghadapi massive nya perubahan. Kini untuk menunjang sumber daya manusia yang berkompeten tidak hanya berfokus pada hardskill dan softskill saja namun juga attitude.

Dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang #beranipunyaskill maka LP3I senantiasa berkomitmen dalam mewujudkan kontribusi nyata dalam membangun pendidikan di Indonesia dengan menyelenggarakan lembaga pendidikan yang berkualitas sehingga tercipta sumber daya manusia yang profesional, beriman dan bertaqwa yang mampu bersaing di dunia kerja. Disamping itu LP3I juga menciptakan insan yang memiliki kemampuan berwirausaha sehingga nantinya mampu tercipta lapangan kerja baru bagi generasi muda Indonesia.

LP3I akan terus menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri sebagai upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi akan terus dikembangkan dan dimaksimalkan untuk dapat mengikuti perubahan zaman.

Mari menghadapi perubahan dan berkembang bersama LP3I untuk menjadi insan yang siap bekerja dan #beranipunyaskill.

Wassalamu’alaikum, Wr., Wb.

Fenomena tidak tertampungnya lulusan pendidikan tinggi, di dunia kerja bukan cerita milik era tahun 2000-an saja. Bila dirunut ke belakang, sebenarnya gejala tersebut sudah mulai muncul ke permukaan sekitar dua puluh tahun sebelumnya. Semakin hari semakin meresahkan masyarakat yang mengalami langsung. Namun hingga menjelang akhir 1980- an, belum ada tanda-tanda pihak yang merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah tersebut, baik pemerintah maupun swasta.

Atas dasar itulah, maka Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 Maret 1989 dengan cabang pertama di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Selanjutnya, bermula dari program kursus 6 bulan, LP3I kemudian mengembangkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan profesi (1-2 tahun), yang berorientasi dunia kerja.

Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat pun semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibukota saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka cabang-cabang hampir di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melalui kerjasama transfer kredit dan konversi materi ajar.

Visi

Menjadi Lembaga pendidikan yang terus menerus menyelaraskan kualitas pendidikannya dengan kebutuhan dunia kerja dalam pembentukan sumber daya manusia yang profesional, beriman dan bertaqwa.

Misi

  1. Mencetak sumber daya manusia yang siap kerja dengan kemampuan yang terampil dan profesional.
  2. Membentuk kepribadian sumber daya manusia yang memiliki jiwa dan kemampuan berwirausaha.
  3. Membentuk sumber daya manusia yang berbudi luhur.
  4. Membangun jaringan kemitraan dengan dunia usaha dan industri serta asosiasi profesi di dalam dan luar negeri.
  5. Memiliki netwoking melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.
  6. Menjadi lembaga pendidikan terbaik dengan kualitas berstandar internasional.
  7. Memiliki jaringan di dalam dan luar negeri.
  8. Menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya dan bermanfaat bagi masyarakat.
  9. Memberikan kesejahteraan dan rasa aman bagi karyawan dan keluarganya.

Tribe adalah pengelompokkan individu berdasarkan minat, bakat, sifat dan program studi di LP3I yang bisa menunjang masa depan karir kamu karena pemilihan bidang studi yang tepat untuk didalami dan dijalankan nanti ketika bekerja. Yuk, tentukan tribe yang paling tepat untuk kamu. Jangan sampai salah pilih ya!

Kenapa penting untuk tahu Tribe kamu yang mana?

Dengan memahami Tribe apa yang cocok, kamu akan lebih semangat belajar karena dasarnya sudah suka pada topik pelajarannya. Pada dasarnya kalau kamu suka pada topik pelajarannya, memahami konsep – konsep ilmu didalamnya menjadi sangat mudah. Setelah lulus pada saat di dunia kerja, kamu juga akan lebih cepat berhasil membangun karir karena skill yang didapat selama belajar sesuai dengan minat dan bakatmu.

Tribe Business

Tribe Business adalah untuk kamu yang memiliki minat dalam mengelola manajemen perkantoran, mengelola sebuah usaha dengan visi dan misi yang kuat, serta berani mengambil resiko.

Biasanya, anggota dari Tribe Business ini memiliki bakat dalam mengelola manajemen tim atau proyek, handal dalam membaca pasar, pandai memanfaatkan kesempatan serta celah bisnis, dan juga mudah bergaul dengan orang lain!

Cocok dengan Kamu kah?

 

Tribe Marketing

Tribe Marketing adalah untuk kamu yang memiliki minat dalam memasarkan sebuah jasa atau produk, mengelola komunikasi dari sebuah usaha, serta bernegosiasi untuk memberi dampak yang baik bagi sesama.

Biasanya, anggota dari Tribe Marketing ini memiliki bakat dalam membaca pasar, pandai memanfaatkan kesempatan serta celah dalam negosiasi, tidak pernah berhenti untuk selalu membuat dirinya terkoneksi dengan dunia dan tidak mau tertinggal dengan tren atau isu yang sedang hangat,

Cocok dengan Kamu kah?

 

Tribe Finance

Tribe Finance adalah untuk kamu yang memiliki minat dalam mengatur arus kas, mencari solusi dan memecahkan masalah melalui pengelolaan keuangan yang baik.

Biasanya, anggota dari Tribe Finance ini memiliki bakat dan menyukai angka dan data, mementingkan kualitas daripada kecepatan dan tentunya paling jago untuk membagi jumlah tagihan di restoran kalau lagi nongkrong bareng.

Cocok dengan Kamu kah?

 

Tribe Technology

Tribe Technology adalah untuk kamu yang memiliki bakat dan antusiasme terhadap perkembangan teknologi baik software maupun hardware.

Biasanya, individu yang tergabung kedalam Tribe ini sangat tertarik dengan coding dan dunia startup.

Cocok dengan Kamu kah?

 

Tribe Engineering

Tribe Engineering adalah untuk kamu yang antusias dengan hal yang bersifat mekanikal.

Dan biasanya, individu yang tergolong di Tribe ini, adalah menciptakan sebuah produk yang bisa membantu orang lain memecahkan suatu masalah. Tentunya, anak Engineering suka berpikir teknis dan teliti.

Cocok dengan Kamu kah?

Daftar program studi masing-masing Tribe dapat Kamu lihat selengkapnya disini

 

LP3I
syarat dan ketentuan terbaru
syarat dan ketentuan terbaru
Bpjs Lampung
Bicara dengan kami