fbpx
Poltek Logo

Politeknik LP3I Jakarta

Sejarah Singkat

Fenomena tidak terampungnya lulusan pendidikan tinggi, di dunia kerja bukan cerita milik era tahun 2000-an saja. Bila dirunut kebelakang, sebenarnya gejala tersebut sudah mulai muncul ke permukaan sekitar dua puluh tahun sebelumnya. Semakin hari semakin meresahkan masyarakat yang mengalami langsung. Namun hingga menjelang akhir 1980-an, belum ada tanda-tanda pihak yang merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah tersebut, baik pemerintah maupun swasta.

Atas dasar itulah, maka Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 Maret 1989 dengan kampus pertama di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Selanjutnya, bermula dari program kursus 6 bulan, LP3I kemudian mengembangkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan profesi (1-2 tahun), hingga akhirnya pada tahun 2003 sebagian LP3I yang ada sudah menjadi Politeknik yaitu Bandung, Jakarta dan Medan, sedangkan dalam proses pengurusan Politeknik baru untuk daerah Makassar dan daerah lain akan segera menyusul.

Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat pun semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibukota saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka kampus-kampus hampir diseluruh kota-kota besar di Indonesia.

Kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melaui kerjasama transfer kredit dan konversi mata kuliah.

Sambutan Direktur Politeknik LP3I Jakarta

pak akhmal
Akhwanul Akmal, S.P., M.Si
Direktur Politeknik LP3I Jakarta

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Politeknik LP3I Jakarta merupakan pendidikan tinggi vokasi khusus bidang BISNIS & TEKNOLOGI yang menggunakan konsep LINK & MATCH dengan dunia usaha dan dunia industri berfokus pada penyiapan KOMPETENSI DAN PENEMPATAN KERJA.

Pendidikan vokasi merupakan proses pembelajaran yang mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki lapangan kerja setelah menyelesaikan studinya. Hal ini berarti, dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi, kurikulum Pendidikan vokasi disusun sesuai kenyataan yang dibutuhkan untuk bekerja, metode dalam proses belajar mengajar juga disesuaikan dengan kondisi seperti bekerja, dan memiliki nilai hasil yang diharapkan sesuai dengan tuntutan pasar kerja.

Politeknik LP3I Jakarta dikelola dalam konteks pendidikan sepanjang hayat yang membekali lulusannya dengan berbagai kecakapan, yaitu kecakapan hidup dan berkarier, kecakapan dalam belajar dan berinovasi, serta kecakapan memanfaatkan informasi, media, dan teknologi.

Kecakapan hidup dan berkarier (life and career skills) memiliki komponen, yakni (1) fleksibilitas dan adaptabilitas, (2) memiliki inisiatif dan dapat mengatur diri sendiri, (3) interaksi social dan antar budaya, (4) produktivitas dan akuntabilitas mengelola proyek dan menghasilkan produk, dan (5) kepemimpinan dan tanggung jawab. Selanjutnya, kecakapan dalam belajar dan berinovasi (learning and innovation skills) memiliki komponen (1) berpikir kritis dan mengatasi masalah, (2) kecakapan berkomunikasi dan berkolaborasi, dan (3) kreativitas dan inovasi.

Sementara itu, kecakapan media informasi dan teknologi (information media and technology skills) memiliki komponen (1) literasi informasi, (2) literasi media, dan (3) literasi TIK. Pembekalan kecakapan semacam ini dikemas dengan istilah Keterampilan Abad XXI (21st Century Skills).

Visi Politeknik LP3I Jakarta adalah menjadi perguruan tinggi vokasi yang profesional dengan orientasi kompetensi, penguatan karakter dan kemandirian di bidang bisnis dan teknologi, dengan 4 misi yang meliputi proses pembelajaran, riset dan pengabdian, kemitraan strategis dan tata kelola.

Dengan visi dan misi tersebut kami berkeyakinan dapat mewujudkan harapan dan impian setiap stakeholders yang menjadikan Politeknik LP3I Jakarta sebagai awal dalam memulai karir. Selamat datang dan bergabung dengan keluarga besar Politeknik LP3I Jakarta.

Visi & Misi

Visi

Menjadi program studi Administrasi Bisnis Internasional yang bermutu, inovatif, dan berstandar internasional dengan orientasi lulusan berkarakter, mandiri dan siap kerja dalam bisnis lokal maupun internasional dan menciptakan wirausaha ditahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas dalam menciptakan lulusan yang berkarakter, kompeten , adaptable, mandiri, beriman dan bertaqwa.
  2. Mengembangkan kurikulum untuk mengantisipasi kebutuhan dunia kerja dalam bidang manajemen, bisnis dan teknologi.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip tata pamong yang baik.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip tata pamong yang baik.
  5. Melakukan pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional dan internasional.
  6. Meningkatkan kesejahteraan seluruh civitas akademika Politeknik LP3I Jakarta.
  7. Meningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran dan kemandirian di bidang manajemen, bisnis dan teknologi.

Lokasi Kampus

Politeknik LP3I Jakarta

Jenjang Pendidikan

D3 – Pendidikan D3 (Diploma Tiga) adalah jenjang pendidikan yang memiliki masa kuliah selama 6 semester atau 3 tahun. Diploma tiga ini memiliki syarat kelulusan dengan menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan latihan kerja di industri atau laporan final project untuk mendapatkan ijazah D3 dengan gelar AMd dan gelar profesi sebagai Tenaga Madya

D4 (S1 Terapan) – Pendidikan D4 (S1 Terapan) adalah jenjang pendidikan yang sering kali disamakan dengan program sarjana sehingga sering kali disebut sebagai sarjana terapan. Masa tempuhnya pun juga sama dengan Sarjana atau S1, yaitu 4 tahun. Perbedaannya, diploma empat ini memiliki fokus pada ilmu terapan dan syarat kelulusannya adalah menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan latihan kerja di industri atau laporan final project untuk mendapatkan ijazah D4 (S1 Terapan) dan mendapatkan gelar S.Tr dan gelar profesi sebagai Tenaga Ahli.

Program Studi

Mitra Perusahaan Penempatan Kerja

Lulusan yang Sudah #beranipunyaskill

Jadwal Pendaftaran & Mulai Program

TanggalKegiatanLokasi
1 Oktober 2021-31 Maret 2022Pendaftaran gel 1 TA 2022/2023Seluruh Kampus Politeknik LP3I
1 April 2022-30 Juni 2022Pendaftaran gel 2 TA 2022/2023Seluruh Kampus Politeknik LP3I
1 Juli 2022-30 September 2022Pendaftaran gel 3 TA 2022/2023Seluruh Kampus Politeknik LP3I

Proses Belajar

Group 590

50% Dosen Politeknik, 50% Dosen Praktisi

Group 592

Training soft skill.

Group 591

Proses penempatan kerja yang bekerja sama dengan perusahaan.

Bimbingan

Kuliah kerja industri/magang.

Group 593

Mendapatkan uji kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Output Kuliah Vokasi di Politeknik LP3I

Pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu program studi di Politeknik LP3I dan PTS Grup LP3I berupa Ijazah, SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah), Transkrip dan setiap program studi akan memperoleh 3 Sertifikasi Profesi sesuai dengan bidangnya dan 1 Sertifikasi International TOEIC.

Seluruh lulusan akan diberikan sertifikat sesuai kebutuhan di industri, dibantu dalam penempatan kerja sesuai kompetensinya agar berkembang di dunia usaha & dunia industri.

Kurikulum Politeknik LP3I

Politeknik LP3I menyiapkan lulusannya agar memiliki keterampilan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan terampil, cepat dan akurat menggunakan hard skill dan soft skill agar membentuk karakter yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan sesuai dengan bidang pekerjaannya. Soft skill yang diberikan diluar jam pembelajaran berupa kegiatan non sks yang bersertifikat, di antaranya :

Apa itu Politeknik?

Politeknik merupakan jalur pendidikan yang terstruktur, berjenjang pendidikan tinggi (perguruan tinggi) dan berjenis pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi merupakan pendidikan yang mengarahkan mahasiswa untuk mengembangkan keahlian terapan, beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu dan dapat menciptakan peluang kerja. Pendidikan vokasi menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup life skill). Pendidikan vokasi berorientasi pada pencakupan kerja sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan serta sesuai dengan tuntutan kebutuhan lapangan kerja.

Pada Politeknik, program pendidikan dilaksanakan melalui Program Studi yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran sesuai dengan program pendidikan. Program Studi diselenggarakan atas izin Menteri setelah memenuhi persyaratan minimum akreditasi.

Penyetaraan Jenjang Pendidikan Vokasi

Penyelenggaraan pendidikan vokasi selalu adaptif dengan kebutuhan industri, sehingga lulusannya menjadi spesialisasi di sektor tersebut. Selain itu, pendidikan vokasi juga berbasis kompetensi dan memiliki kerjasama dengan mitra industri dalam penyelenggaraannya.

Berdasarkan kualifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), jenjang pendidikan vokasi untuk Politeknik berada pada :

Jenis-Jenis Pendidikan Vokasi

Bagi kamu yang akan mengambil pendidikan melalui jalur vokasi, yuk simak jenis-jenis pendidikan vokasi berikut ini :

3 Komponen Kompetensi yang Harus Kamu Miliki Menurut KKNI

Di LP3I, kamu diharapkan akan memiliki tiga komponen kompetensi yang dapat diterapkan di dunia kerja diantaranya :

Group 498

Kompetensi Penguasaan Pengetahuan dan Keterampilan

a. Analisis dan sintesis
b. IT/Computing
c. Mengelola ambiguitas
d. Komunikasi dua bahasa

Group 499

Kompetensi Perilaku/Attitude

a. Kepemimpinan
b. Kerjasama tim
c. Dapat bekerja lintas budaya

Group 500

Kompetensi Pengenalan Sifat Pekerjaan

a. Terlatih dalam etika kerja
b. Memahami makna globalisasi
c. Fleksibel terhadap pilihan pekerjaan

Penyetaraan Kandungan Unsur Kompetensi Lulusan Politeknik berdasarkan KKNI

Peserta didik Politeknik akan menguasai:
Group 489

45% Psikomotorik

(Keterampilan)

Group 488

25% Afektif

(Sikap, nilai dan minat)

Group 487

30% Kognitif

(Pengetahuan)

Pada dunia kerja, lulusan Politeknik akan menempatkan dirinya pada:

Group 515

50%

Bidang Manajerial

Group 516

30%

Bidang Strategikal

Group 485

20%

Bidang Teknikal

Fenomena tidak terampungnya lulusan pendidikan tinggi, di dunia kerja bukan cerita milik era tahun 2000-an saja. Bila dirunut kebelakang, sebenarnya gejala tersebut sudah mulai muncul ke permukaan sekitar dua puluh tahun sebelumnya. Semakin hari semakin meresahkan masyarakat yang mengalami langsung. Namun hingga menjelang akhir 1980-an, belum ada tanda-tanda pihak yang merasa terpanggil untuk menyelesaikan masalah tersebut, baik pemerintah maupun swasta.

Atas dasar itulah, maka Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) didirikan pada 29 Maret 1989 dengan kampus pertama di Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Selanjutnya, bermula dari program kursus 6 bulan, LP3I kemudian mengembangkan sayapnya menjadi lembaga pendidikan profesi (1-2 tahun), hingga akhirnya pada tahun 2003 sebagian LP3I yang ada sudah menjadi Politeknik yaitu Bandung, Jakarta dan Medan, sedangkan dalam proses pengurusan Politeknik baru untuk daerah Makassar dan daerah lain akan segera menyusul.

Melihat keberhasilan model pendidikan yang dijalankan oleh LP3I, animo masyarakat pun semakin besar. Peserta didik bukan hanya penduduk ibukota saja, bahkan dari beberapa daerah yang cukup jauh. Oleh sebab itulah, LP3I membuka kampus-kampus hampir diseluruh kota-kota besar di Indonesia.

Kiprah LP3I semakin diakui oleh masyarakat luas. Pengakuan dari dunia industri tercermin dari semakin banyaknya perusahaan yang merekrut lulusan LP3I. Sedangkan pengakuan lain datang dari dunia pendidikan dalam dan luar negeri melaui kerjasama transfer kredit dan konversi mata kuliah.

pak akhmal
 
Akhwanul Akmal, S.P., M.Si
Direktur Politeknik LP3I Jakarta

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Politeknik LP3I Jakarta merupakan pendidikan tinggi vokasi khusus bidang BISNIS & TEKNOLOGI yang menggunakan konsep LINK & MATCH dengan dunia usaha dan dunia industri berfokus pada penyiapan KOMPETENSI DAN PENEMPATAN KERJA.

Pendidikan vokasi merupakan proses pembelajaran yang mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki lapangan kerja setelah menyelesaikan studinya. Hal ini berarti, dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi, kurikulum Pendidikan vokasi disusun sesuai kenyataan yang dibutuhkan untuk bekerja, metode dalam proses belajar mengajar juga disesuaikan dengan kondisi seperti bekerja, dan memiliki nilai hasil yang diharapkan sesuai dengan tuntutan pasar kerja.

Politeknik LP3I Jakarta dikelola dalam konteks pendidikan sepanjang hayat yang membekali lulusannya dengan berbagai kecakapan, yaitu kecakapan hidup dan berkarier, kecakapan dalam belajar dan berinovasi, serta kecakapan memanfaatkan informasi, media, dan teknologi.

Kecakapan hidup dan berkarier (life and career skills) memiliki komponen, yakni (1) fleksibilitas dan adaptabilitas, (2) memiliki inisiatif dan dapat mengatur diri sendiri, (3) interaksi social dan antar budaya, (4) produktivitas dan akuntabilitas mengelola proyek dan menghasilkan produk, dan (5) kepemimpinan dan tanggung jawab. Selanjutnya, kecakapan dalam belajar dan berinovasi (learning and innovation skills) memiliki komponen (1) berpikir kritis dan mengatasi masalah, (2) kecakapan berkomunikasi dan berkolaborasi, dan (3) kreativitas dan inovasi.

Sementara itu, kecakapan media informasi dan teknologi (information media and technology skills) memiliki komponen (1) literasi informasi, (2) literasi media, dan (3) literasi TIK. Pembekalan kecakapan semacam ini dikemas dengan istilah Keterampilan Abad XXI (21st Century Skills).

Visi Politeknik LP3I Jakarta adalah menjadi perguruan tinggi vokasi yang profesional dengan orientasi kompetensi, penguatan karakter dan kemandirian di bidang bisnis dan teknologi, dengan 4 misi yang meliputi proses pembelajaran, riset dan pengabdian, kemitraan strategis dan tata kelola.

Dengan visi dan misi tersebut kami berkeyakinan dapat mewujudkan harapan dan impian setiap stakeholders yang menjadikan Politeknik LP3I Jakarta sebagai awal dalam memulai karir. Selamat datang dan bergabung dengan keluarga besar Politeknik LP3I Jakarta.

Visi

Menjadi program studi Administrasi Bisnis Internasional yang bermutu, inovatif, dan berstandar internasional dengan orientasi lulusan berkarakter, mandiri dan siap kerja dalam bisnis lokal maupun internasional dan menciptakan wirausaha ditahun 2024.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi yang berkualitas dalam menciptakan lulusan yang berkarakter, kompeten , adaptable, mandiri, beriman dan bertaqwa.
  2. Mengembangkan kurikulum untuk mengantisipasi kebutuhan dunia kerja dalam bidang manajemen, bisnis dan teknologi.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip tata pamong yang baik.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan mutu pengelolaan pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip tata pamong yang baik.
  5. Melakukan pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional dan internasional.
  6. Meningkatkan kesejahteraan seluruh civitas akademika Politeknik LP3I Jakarta.
  7. Meningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran dan kemandirian di bidang manajemen, bisnis dan teknologi.

D3 – Pendidikan D3 (Diploma Tiga) adalah jenjang pendidikan yang memiliki masa kuliah selama 6 semester atau 3 tahun. Diploma tiga ini memiliki syarat kelulusan dengan menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan latihan kerja di industri atau laporan final project untuk mendapatkan ijazah D3 dengan gelar A.Md dan gelar profesi sebagai Tenaga Madya.

D4 (S1 Terapan) – Pendidikan D4 (S1 Terapan) adalah jenjang pendidikan yang sering kali disamakan dengan program sarjana sehingga sering kali disebut sebagai sarjana terapan. Masa tempuhnya pun juga sama dengan Sarjana atau S1, yaitu 4 tahun. Perbedaannya, diploma empat ini memiliki fokus pada ilmu terapan dan syarat kelulusannya adalah menyelesaikan praktik kerja dan juga laporan latihan kerja di industri atau laporan final project untuk mendapatkan ijazah D4 (S1 Terapan) dan mendapatkan gelar S.Tr dan gelar profesi sebagai Tenaga Ahli.