Dosen LP3I Ikut Studi Banding Mahasiswa S3 Universitas Pakuan Ke Malaysia

Ajang Kompetisi Film Durasi Pendek SCTV, Mahasiswa LP3I raih Top 100
March 12, 2019
Vactory Visit LP3I College Surabaya PT. Campina Ice Cream Industry, Tbk.
March 12, 2019

Dosen LP3I Ikut Studi Banding Mahasiswa S3 Universitas Pakuan Ke Malaysia

PR – LP3I, Malaysia, Dua orang dosen LP3I, Bapak Bakri, M. Si dan Bapak Nu Harris Ependi, M. M, ikut serta dalam studi banding mahasiswa S3 Unpak ke Malaysia.
Studi banding menjadi sebuah keharusan bagi mahasiswa doktoral (S3). Karena studi banding merupakan cara mengembangkan pikiran dan pencerahan wawasan terkait disiplin ilmu yang dipelajari berdasarkan pengalaman yang dilakukan perguruan tinggi sejenis di tempat lain. Mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Universitas Pakuan menceritakan rahasia bagaimana dia dan teman-temannya bisa melakukan studi banding ke luar negeri di antara waktu yang padat.

Selain aktivitas perkuliahan di dalam kelas, studi banding diharapkan mampu memberi "pengalaman langsung" yang berguna dalam memperluas cara berpikir, di samping memicu komitmen penyelesaian studi melalui informasi dan pengalaman orang lain. Belajar untuk berhasil dari apa yang dilakukan orang lain. Begitulah niat studi banding yang seharusnya.

Lalu bagaimana cara melakukan studi banding ke luar negeri bagi mahasiswa S3? Menggagas studi banding yang penuh dengan konten ilmu, namun tetap ceria dan kompak dalam menjalaninya tidaklah mudah. Harus ada cara jitu untuk menjadikan studi banding ke luar negeri secara menarik dan berkesan. Bahkan kekompakan dan fleksibilitas acara pun harus jadi acuan. Tidak kaku namun tetap berorientasi pada tujuan.

Studi banding ke luar negeri membutuhkan kerja sama dan pengambilan peran dari tiap mahasiswa untuk memastikan tercapainya tujuan studi banding. Agar tidak dikesankan hanya jalan-jalan atau bersenang-senang semata.
Studi Banding dan Visitasi Pedagogi ini dilakukan ke Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Islamic International University Malaysia (IIUM), Sekolah Al Amin dan Sekolah ADNI Kuala Lumpur pada 26 Feb - 2 Mar 2019.
Bisa jadi, di kalangan mahasiswa S3, inilah studi banding terpadat yang dijalankan. Satu hari satu kunjungan studi banding tiada henti. Selain seremoni, selalu ada presentasi, diskusi dan tanya jawab terkait prinsip-prinsip pedagogi dan studi yang berlangsung di institusi tersebut. Bahkan hebatnya, 20 mahasiswa S3 Manajemen Pendidikan Unpak yang menjadi peserta bahu membahu dan mengambil peran masing-masing demi lancarnya studi banding sesuai dengan rencana.

Selain kuliah, studi banding pun diperlukan untuk memacu kemampuan manajemen pendidikan bagi mahasiswa S3. Sungguh, apapun yang direncanakan harus diikuti ikhtiar dan doa yang pas. Agar semua bisa berjalan dengan efektif, termasuk studi banding ke luar negeri bagi mahasiswa S3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *